Rabu, 07 Juni 2017

Konfigurasi Mail Server di Windows Server 2012


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Jika sebelumnya kita membahas menegenai mail server, kali ini kita akan membahas mengenai mail server juga namun berbeda sistem operasi ya, kalau sebelumnya kita menggunakan CentOS 7, sekarang kita akan menggunakan Windows Server 2012. 

Sebelumnya, apa itu Mail Server?
"Mail server adalah server yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik atau e-mail satu sama lain dalam satu jaringan atau dengan internet. Layanan mail server menggunakan arsitektur client-server, yang artinya ada aplikasi yang digunakan client untuk mengakses server email. Protocol yang umum digunakan adalah protocol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), POP3 (Post Office Protocol v3) dan IMAP. SMTP digunakan sebagai setandar untuk menampung data mendistribusikan email. Sedangkan POP3 dan IMAP digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote."
Dan apa itu web mail server? 
"Web Mail Server adalah sarana yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat mengakses e-mail melalui web browser. Dalam kata lain web mail server adalah sebuah e-mail yang berada di dalam web."
Lalu bagaimanakah konfigurasinya? Bismillah, kita coba sama-sama... 

-- Install Roles dan Features yang dibutuhkan --


1. Sebelum melakukan konfigurasi, kita akan menambahkan fitur yang dibutuhkan mail server terlebih dahulu dengan cara membuka server manager > klik add roles and features.


2. Selanjutnya akan muncul Add Roles and Features Wizard dan pada bagian before you begin terlebih dahulu kita beri centang pada bagian skip this page by default lalu klik next.


3. Lalu akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu tahap installation type maka kita pilih type yang based. beri tanda hitam bada bagian role-based or feature-based installation, setelah diberi tanda hitam lalu klik next.


4. Tahap selanjutnya adalah server selection (pilih destination server tujuan dengan server pool) maka beri tanda hitam pada bagian select server from the server pool lalu klik next.


5. Pada bagian server roles ini kita tambahkan fitur DNS yang digunakan untuk domain dan fitur web server (IIS) untuk mail via web nya nanti, jika sudah maka klik next.


6. Pada bagian features kita tambahkan fitur telnet client, karena nantinya kita akan coba melakukan verifikasi dengan mengirim mail via telnet, jika sudah maka klik next.


7. Pada tampilan kali ini memuat penjelasan mengenai fitur DNS server ini, jika sudah membacanya maka klik next.


8. Tampilan selanjutnya memuat penjelasan mengenai web server (IIS), jika sudah membacanya maka klik next.


9. Tahap selanjutnya adalah role services, pada tahap ini kita akan mencentang services role yang diberi kotak berwarna merah dibawah ini, jika sudah maka klik next. 


10. Untuk memulai penginstallan maka klik install, supaya fitur yang telah kita tambahkan sebelumnya terinstall.


11. Tunggu sampai proses penginstallan selesai, jika sudah maka klik close.


12. Selanjutnya kita akan mengisntall  net framework nya terlebih dahulu melalui cmd. caranya dengan menjalankan cmd sebagai administrator lalu ketikkan command seperti gambar dibawah ini. untuk D:\sources\sxs disini merupakan letaknya dan nantinya akan digunakan pada tahap selanjutnya yaitu. 


13. Jika sudah maka kita akan menambahkan fitur net framework nya dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Dan pada bagian features kita tambahkan fitur net freamwork nya setelah itu klik next.


14. Pada tahapan ini, kita klik specify an alternate source path.


15. Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, dan untuk path nya kita isi dengan D:\sorces\sxs dimana ini merupakan direktori dari paket framework yang sebelumnya kita install juga menggunakan cmd, jika sudah maka klik ok. 


16. Jika sudah maka waktunya untuk menginstall framework nya dengan mengklik install.


17. Tunggu sampai proses penginstallan selesai, dan pastikan berhasi. jika sudah maka klik close.


18. Setelah itu kita buat terlebih dahulu domain untuk mail server di menu DNS. Dan untuk cara membuat DNS secara lebih detail, bisa kalian dilirik


19. Jangan lupa untuk mengatur ip address windows servernya dengan ip address dan DNS nya sama dengan ip yang ditambahkan untuk domain tadi, jika sudah maka klik ok.


20. Kita lakukan pengecekan dahulu apakah sudah terhubung atau belum dengan melakukan ping ke domain mail.kamilah.com

-- Install Mail Server --


1. Jalankan installer Wamp Server.


2. Pilih bahasa yang digunakan, disini kita akan menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa inggris maka klik ok.


3. Pada tahap ini kita setujui lisensi dari Wamp Server dengan cara klik i accept the agreement lalu klik next.


4. Pada tahap ini memuat sedikit informasi mengenai Wamp Server, langsung saja klik Next


5. Kemudian pada tahap ini kita bisa mengatur letak installan wamp server, dan disini kita akan membiarkannya seperti default, lalu klik next.


6. Disini kita hanya diminta memilih start menu folder, langsung saja klik Next.


7. Klik Install untuk memulai penginstallan Wamp Server.


8. Proses penginstallan sedang berjalan, tunggu hingga selesai.


9. Akan muncul pop up yang berisi pertanyaan Do you want to choose another Browser installed on your system? pilih saja No.


10. Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, maka kita klik open.


11. Kemudian muncul pop up lagi yang berisi pertanyaan Do you want to choose another text editor installed on your system? pilih No.


12. Pada tahap ini hanya memuat informasi mengenai Wampserver, langsung saja klik Next untuk melanjutkan.


12. Penginstallan wamp server berhasil kita lakukan, maka klik finish.


-- Install Hmail server --

1. Jalankan installer hmail server terlebih dahulu.


2. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, maka klik next.


3. Kita akan diminta persetujuan lisensi, maka klik i accept the agreement lalu klik next.


4. Atur dimana hmail akan diinstal, disini saya mebiarkannya seperti default saja maka klik next.


5. Pada tampilan Select Components, pilih Full Installation, lalu klik next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.


6. Pada bagian select database server type kita pilih Use external database engine kemudian Next.


7. Disini kita hanya diminta memilih start menu folder, langsung saja klik Next.


8. Pada tahap ini kita akan diminta untuk memberikan password untuk hMailServer nya. Hal ini berguna untuk keamanan atau security. Berikan password sesuai dengan keinginan kita, kemudian klik Next.


9. Pada tahap ini kita akan memulai installasi hMailServer nya. Maka klik Install untuk memulai installasi hMailServer.


10. Pada saat installasi kita akan diminta memasukkan password hMailServer yang sudah dibuat sebelumnya. Masukkan password hMailServer, kemudian klik OK.


11. Pada tahap ini kita akan membuat database servernya. Tetapi pada step ini kita klik Next saja.


12. Buat database baru dengan memilih Create a new hMailServer database, kemudian klik Next.


13. Pilih MySQL sebagai type dari database nya, kemudian Next


14. Disini kita akan mengisi informasi mengenai koneksi server. Pada database server address isikan ip address server atau bisa juga diisikan ip 127.0.0.1 namun disini kita akan menggunakan ip daru server kita. Kemudian untuk portnya biarkan saja default yaitu 3306. Pada database name isikan nama databasenya, disini saya memberi nama kamilahdb. Untuk authentication isikan usernamenya saja yaitu root. Setelah semua sudah di isi, klik Next.


15. Pada step ini kita akan memilih service dependency. Karna kita menggunakan Wamp Server, maka dari itu pilih wampmysqld64, kemudian klik Next.


16. Pada tahap ini kita lewati saja dengan mengklik Next.


17. Nah maka akan muncul error seperti gambar dibawah ini. Karena hMailServer tidak mempunyai file libmysql.dll 32bit, maka dari itu kita harus memasukannya secara manual.


18. Download terlebih dahulu libmysql.dll nya, Jika sudah berhasil di download, maka copykan file dll tersebut.


19. Setelah di copy, pastekan ke directory installan hmail, lebih tepatnya pastekan di C:\Program Files (x86)\hMailServer\Bin.


20. Jika sudah maka klik next, dan nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini yang menandakan kita telah berhasil menginstall hmail server nya, maka klik finish.


-- Konfigurasi Hmailserver --

1. Petama, pastikan Wamp Server sudah berjalan atau runing, Setelah itu jalankan hmailnya. Maka akan tampil gambar seperti dibawah ini, klik Connect . Maka kita akan dipinta password dari hmail yang sudah kita buat sebelumnya pada tahap penginstallan, masukan passwordnya kemudian klik OK atau Enter.


2. Disini kita akan menambahkan domain yang kita gunakan. Untuk menambahkan domain, klik Add domain.


2. Masukkan nama domain kita kemudian jangan lupa klik Save.


3. Kemudian masuk pada bagian Accounts. Disini kita akan menambahkan user baru yang digunakan untuk menggunakan layanan mail server, untuk membuat user baru klik Add.


4. Disini kita akan membuat user dengan nama kamilah dan kita juga akan memberi password untuk usernya. Setelah selesai klik Save untuk membuat user tersebut.


5.  Karna ini mail server, jadi tujuan dari postingan ini yaitu antara user satu dan user lainnya bisa kirim-kiriman pesan melalui email, makanya kita akan menambahkan usernya satu lagi dengan cara yang sama, beralih ke menu Accounts, kemudian klik Add


6. Buat usernya, disini kita akan membuat dengan nama aprilia, setelah itu masukan passwordnya sesuka hati, kemudian jangan lupa klik Save.


7. Terlihat disini, 2 akun berhasil kita buat dengan nama kamilah dan aprilia.


8. Masuk pada bagian Settings >> Protocols >> SMTP. Kemudian klik tab Delivery of e-mailLocalhost name isikan nama server kita. Untuk Remote hostname isikan domain mail servernya. 


9. Pindah ke tab RFC compliance, beri centang pada Allow plain text authentication Setelah itu klik Save.


10. Masuk ke bagian Advanced >> Auto-ban kemudian hilangkan centang pada Enable lalu klik Save.


11. Masuk ke bagian Advanced >> IP Ranges >> My computer kemudian atur seperti gambar dibawah ini lalu jangan lupa klik Save.


12. Masuk ke bagian Advanced >> IP Ranges >> Internet kemudian atur seperti gambar dibawah ini lalu klik Save.


13. Masuk ke bagian Utilities >> MX-query kemudian masukkan domain mail servernya lalu klik Resolve. Saat kita klik Resolve maka akan otomatis di tampilkan IP dari domain mail yang kalian ketikan, jika IP nya tidak muncul, lakukan pengecekan kembali pada pengaturan DNS nya.


-- Verifikasi Via Telnet --

1. Pada percobaan pertama ini, kita akan coba kirim email melalui telnet. Caranya dengan membuka CMD kemudian ketikan perintah telnet "domain mail server" 25


2. Pada contoh ini kita akan coba mengirimkan pesan dari user kamilah@kamilah.com ke aprilia@kamilah.com. Untuk cara kirim pesan emailnya, bisa lihat pada contoh dibawah ini

Keterangan :
  • Perintah ehlo pada dasarnya sama seperti helo, perbedannya pada ehlo ini memberitahu server bahwa klien mungkin ingin menggunakan protokol Extended SMTP (ESMTP) sebagai gantinya. biasanya pada perintah ehlo, dibelakangnya diikuti dengan nama root domain dari server mail
  • MAIL FROM merupakan perintah untuk mengidentifikasi user mana yang ingin mengirim email
  • RCPT TO yaitu user penerima emailnya
  • data adalah perintah yang digunakan untuk membuka kolom text email yang akan dikirim
  • adalah perintah untuk mengakhiri isi teks emailnya
  • quit adalah perintah untuk keluar dari shell ESMTP

3. Sekarang kita akan melakukan pengecekan apakah emailnya sudah berhasil terkirim atau belum dengan mengetikkan perintah telnet "domain server masil" 110


4. Kemudian ketik perintah user dan dibelakangnya diikuti dengan nama user penerima email dan masukkan password dari user tersebut dengan perintah pass, Untuk mengecek email masuk maka ketik perintah stat dan ketikkan perintah retr 1 dan nanti akan muncul email nya yang sudah dikirim oleh email pengirim, yaitu kamilah@kamilah.com


Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..