Minggu, 31 Juli 2016

15 Server Configuration dan perbedaan 4 Sistem Operasi pada Windows Server 2012

Assalamualaikum wr.wb

            Kali ini kita akan membahas tentang 15 pilihan dalam server configuration (syntax : sconfig) dan perbedaan 4 sisitem operasi pada . Langsung aja yuk ini dia penjelasannya



1.      Domain atau Workgroup.

      fitur ini memungkinkan kita untuk masuk atau berada dalam sebuah workgroup atau sebuah domain yang tersedia, sedangkan untuk masuk kedalamnya kita ketikan saja nama domain atau workgroupnya.





2.      Computer Name.

      Pada pilihan nomor  2 diperuntukan untuk mengganti nama pada computer dengan mudah, hanya dengan memilih nomor  2 dan tuliskan apa yang ingin menjadi nama computer kita, setelah itu kita akan diminta merestart dan supaya nama yang kita atur tadi menjadi aktif.


3.      Add local administrator.

      Opsion 3 ini memungkinkan kita menambahkan akun baru yang berhak masuk ke system operasi dengan mudah, dan kita akan diminta memasukan nama akun dan password untuk akun baru yang ingin kita buat tersebut.


4.      Configure Remote Management.

      Ini adalah sebuah option yang memungkinkan kita untuk mengijinkan kita untuk menyalakan remote management dan mematikan sebuah pengaturan management


5.      Windows Update Settings.

      Option 5 ini memungkinkan kita untuk merubah pengaturan update baik itu manual ataupun otomatis update pada sistem operasi tersebut dan kita bisa memilih opsion yang ini sesuai dengan keinginan yang kita mau.


6.      Download and install update.

      Ini adalah option yang memudahkan kita untuk  mendapat update yang langsung di berikan oleh pihak mikrosoft, dengan ini kita bisa memilih manakah yang akan kita download ataupun kita update sesui dengan yang kita mau, jika kita memilih update atupun download kita akan di minta untuk menunggu dan apa saja yang di sediakan update nya ataupun downloadnya, setelah muncul kita bisa mengupdate aau mendownloadnya sesuai dengan rekomendasi update atau hanya pilih satu saja dan jika kita tidak jadi mengupdate ataupun mendownload maka tidak masalah.

7.      Remote Dekstop.

      Option ini berfungsi untuk memberikan ijin apakah komputer ini boleh di remote atau tidak dan  ini bisa kita sesuaikan dengan apa yang kita perlukan nanti. 


8.      Network Settings.

      Option ini memudahkan kita untuk mengatur sebuah jaringan yang akan kita gunakan dengan memasukan ip address dan DNS servernya, dan kita sesuaikan dengan kebutuhan kita nantinya.


Dan ini adalah pengaturan DNSnya


9.      Date and Time.

      Option yang kesembilan ini adalah date and time atau waktu dan tanggal, dan option ini mempermudah kita untuk mengatur tanggal,bulan dan tahun serta waktu, maka sesuaikan dengan zona dimana kita berada waktu itu juga.



10.  Help improve the product with CEIP.

      Option ini berfungsi untuk menyelamatkan kita jika kemungkinan terjadinya masalah pada software ataupun yang lain yang berhubungan dengan dengan system operasi, dan kita dapat meminta bantuan pada microsoft disisi lain Microsoft juga melakukan riset supaya masalah yang dikirim oleh pengguna agar nantinya diperbaiki dan diperbaharui supaya masalah tersebut terpecahkan.


11.  Windows Activation.

      Pada option  yang kesebelas ini dapat  memungkinkan kita untuk melakukan apa saja yang berhubungan dengan lisensi dari windows server tersebut sebagai contoh tampilan lisensi kita,  mengaktifasi windows anda,  memasukkan serial number lisensi itu semua bisa anda lakukan pada fitur ini.



12.  log off user.

      Pada option ke duabelas ini memudahkan kita jika ingin mengganti akun satu dengan akun yang lainnya dengan cepat bagi penggunanya.


13.  Restar server.

      Fitur ini di gunakan untuk merestart sebuah server yang kita gunakan pada saat yang memungkinkan dan fiitur ini pula bertujuan untuk mempermudah user server untuk merestart komputer server dengan cepat.


14.  Shutdown server.

      Fitur ini di gunakan untuk mematikan sebuah server yang kita gunakan pada saat yang memungkinkan fitur ini juga berfungsi untuk mempermudah user server untuk meng shutdown komputer server dengan cepat.


15.  Exit to Command  prompt.

      Option yang terakhir ini berguna untuk keluar dari menu server configuration (sconfig) tersebut dan kembali ke cmd milik khas dari windows server ini. 


Perbedaan 4 sistem operasi yang terdapat dalam Windows Server 2012


  1. Windows Server 2012 Standard Evalution         Fitur Standard ini hampir sama dengan Datacore hanya saja memiliki sedikit perbedaan yaitu mengenai pembatasan jumlah lisensi Virtual Machine yang dapat diberikan, yaitu hanya 2 lisensi virtual
  2. Windows Server 2012 Datacenter Evaluation        Fitur Datacenter ini cocok untuk perusahan besar menjadikannya OS ServerDatacenter. dan Datacenter
    memiliki unlimited lisensi virtual.
  3. Windows Server 2012 Core Installation           Pilihan installasi ini dapat mengurangi service yang berjalan, menginstall dengan option ini, server dapat berjalan stabil lebih lama, dan pemakaian ram bisa di optimalkan dibandingkan dengan GUI. Hal ini dikarenakan server hanya menjalankan Server Roles dan Application yang dibutuhkan untuk melayani permintaan Client dan tidak menyediakan tampilan desktop sehingga lebih ringan  untuk dijalankan.
  4. Windows Server 2012 Server with a GUI     Pilihan installasi ini dapat berguna ketika benar-benar dibutuhkan, misalnya ingin memberikan kompatibelitas penuh terhadap aplikasi yang tidak dapat berjalan di Core Installation.



Kesimpulan : dari semua menu server configuration ini yang terdiri dari 15, semuanya memang dirancang  khusus untuk mempermudah dan mempersingkat waktu kita dalam  melakukan pengaturan sederhana ini, apalagi pada system operasi yang berbasis CLI atau text seperti Windows Server 2012 yang bermode Core ini. dan dalam  pemilihan sistem operasi dalam Windows Server 2012 ini tergantung kepada kebutuhan kita masing-masing.
  

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..