Rabu, 26 April 2017

Menghubungkan Mikrotik ke Wifi Android (GUI)


Hasil gambar untuk hotspot

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Kali ini kita akan coba membahas mengenai Hotspot (Wi-Fi Android). Untuk pertama kali saya baru mendengar kalau router yang mendapatkan internet dari android tapi setelah mencobanya ternyata bisaaa hahaha, selain menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan router ke internet, kita juga bisa menggunakan interface WLAN, tentunya dengan routerboard mikrotik yang sudah support menggunakan wireless. Lalu gimana caranya supaya router mikrotik ini dapat terhubung dengan Wifi Android kita? Bismillah mari kita coba sama-sama.... sebelumnya saya akan memberitahukan mengenai router board yang akan saya pakai yaitu Mikrotik Router Wireless RB941-2nd ( hAP lite ) kalau untuk foto perangkatnya kalian bisa search di mbah google ya...

1. Yang paling pertama kita lakukan adalah kita ke pengaturan hotspot terlebih dahulu.disini kita akan mengatur SSID dan sandi (passwordnya), jika sudah maka kita klik simpan.


2. Jika sudah selesai mengatur wifi Androidnya maka jangan lupa untuk mengaktifkan hotspotnya.


3. Jika sudah berhasil kita aktifkan, maka selanjutnya kita akan melakukan konfigurasinya di mikrotik menggunakan winbox. pertama kali kita akan mengaktifkan interface wlan nya terlebih dahulu dengan mengklik menu interface > klik tab interface > klik interface wlan > klik tanda centang.


4. Nah seperti inilah tampilannya jika sudah aktif.


5. Selanjutnya kita akan mengatur wlannya. sebelumnya kita akan mengatur security profiles (keamanan) terlebih dahulu dengan mengklik menu wireless > klik tab security profiles > klik tanda plus > pada tab general isikan name sebagai penamaan dari security profiles kita dan kita atur modenya menjadi dynamic keys dan beri tanda centang pada wpa2 psk sebagai type authenicationnya, lalu kita isikan wpa2 pre-shared key sesuai dengan password wifi android kita. jika sudah selesai maka kita klik ok.


6. Jika tadi kita telah berhasil mengatur security profilesnya sekarang kita akan mengatur wlan nya dengan mengklik menu interface > klik dua kali pada wlan1 > klik tab wireless > pilih modenya station > dan masukan security profiles yang kita buat sebelumnya > lalu untuk ssid nya kita klik scan terlebih dahulu.


7. Nantinya akan keluar seperti tampilan dibawah ini, atur interfacenya menjadi wlan1 lalu klik start, nantinya akan banyak list dibawah ini, maka pilih ssid wifi android kita. maka klik 2 kali pada ssid dan nantinya akan keluar spesifikasi dari wifi android kita, maka klik connect.


8. Dan terlihat disini ssid nya telah terganti, maka kita klik ok.


9. Selanjutnya kita akan mengatur dhcp clietnya dengan cara klik menu ip > klik dhcp client > klik tab dhcp client > klik tanda plus > isikan interfacenya menjadi wlan1 > klik ok.


10. Setelah berhasil mengatur dhcp clietnya maka dapat terlihat disini ip dhcp dari interface yang diminta.


11. Selanjutnya kita akan melihat ip yang digunakan wlan1 ini dengan mengklik menu ip > klik addresses, dan terlihat disini ip nya.


12. Selanjutnya kita akan melakukan pengujian dengan melakukan PING ke dns google yaitu 8.8.8.8. 


13. Jika sudah melakukan verifikasi di winbox maka kita akan melakukan verifikasi di handphone kita dengan melihat siapa saja yang terhubung dengan hotspot kita. dan terlihat disini bahwa mikrotik sudah tehubung dengan wifi android kita.




Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..