Rabu, 26 April 2017

Menghubungkan Mikrotik ke Wifi Android (CLI)

Hasil gambar untuk hotspot

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 

Masih dalam materi yang sama yaitu menghubungkan mikrotik ke wifi android, jika post sebelumnya kita menggunakan GUI, maka kali ini kita akan menggunakan CLI. Konfigurasi yang dilakukan tidak berbeda jauh antar GUI dan CLI, hanya saja kalau di CLI ini kita hanya stay di terminal cieee hehe, gimana konfigurasinya? Bismillah mari kita coba sama-sama... 

1. Yang paling pertama kita lakukan adalah kita ke pengaturan hotspot terlebih dahulu.disini kita akan mengatur SSID dan sandi (passwordnya), jika sudah maka kita klik simpan.


2. Jika sudah selesai mengatur wifi Androidnya maka jangan lupa untuk mengaktifkan hotspotnya.


3. Setelah berhasil mengaktifkan hotspot, maka selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi mikrotik melalui winbox di terminalnya. yang pertama kali kita lakukan adalah mengecek interface dari routerboard, dan terlihat disini bahwa wlan1 masih dalam keadaan mati, maka kita aktifkan terlebih dahulu karena kita akan menggunakan wlan1 ini dengan menggunakan perintah interface enable wlan1. jika sudah maka kita cek kembali, dan terlihat disini interface wlan1 sudah aktif.


4. Selanjutnya kita akan membuat security profiles sesuai dengan yang kita atur di android. dan langkah ini bisa kita lakukan jika hotspot kita menggunakan password, jika tidak maka boleh dilewatkan saja. maka ketikkan interface wireless security-profiles add name=(nama securitynya) mode=(mode dari hotspot) authentication-type=(type authenticationnya) wpa2-pre-shared-key=(password hotspot android)


5. Selanjutnya adalah mengatur wlannya, dengan memilih station sebagai modenya dan tidak lupa pula memasukan security profilesnya. maka ketikkan interface wireless set wlan1 mode=station band=2ghz-b/g/n security-profile=(security profile yang dibuat sebelumnya)


6. Selanjutnya pada pengaturan wireless ini kita akan menambahkan ssid sesuai dengan ssid hotspot android kita. maka ketikkan interface wireless edit wlan1 ssid.


7. Dan disinilah tuliskan ssid dari hotspot android kita, jika sudah maka tekan ctrl + o.


8. Setelah itu kita akan melakukan pengecekan untuk memastikan konfigurasi yang kita lakukan sudah sesuai atau belum dengan menggunakan perintah interface wireless print


9. Selanjutnya kita akan melakukan pengecekan apakah router sudah mendapatkan ip atau belum dengan menggunakan perintah ip address print.


10. Maka disini kita akan menambahkan dhcp clientnya supaya kita tau ip yang di share oleh hotspot android kita. setelah kita menambahkan dhcp clientnya seperti gambar dibawah ini, lalu kita lakukan pengecekan ip dhcp clietnya dengan menggunakan perintah ip dhcp-client print dan terlihat disini bahwa wlan1 dalam keadaan mati, maka kita aktifkan terlebih dahulu.


11. Maka kita aktifkan wlan1 nya menggunakan perintah ip dhcp-client enable number=0. setelah itu kita ketikan lagi perintah ip dhcp-client print untuk melihat kembali dan terlihat dibawah ini ip yang didapat oleh wlan1.


12. Selanjutnya kita akan melakukan pengecekan kembali ip. dan disini telah terdaftar ip untuk interface wlan1.


13. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi dengan melakukan PING ke dns google yaitu 8.8.8.8 dan hasilnya berhasil.


14. Selain dengan menggunakan PING maka kita akan lihat di handphone kita siapa saja yang terhubung dengan hotspot android kita dan terlihat disini mikrotik telah terhubung dengan hotspot android kita.


Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat untuk kita semua, Wassalamualiakum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..