Jumat, 21 April 2017

Installasi GNS3 menggunakan Linux (ubuntu)


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

GNS3 ini merupakan salah satu aplikasi simulasi jaringan. Dengan adanya GNS3 ini memudahkan kita dalam membuat jaringan. Didalam GNS3 ini kita juga dapat mendesain topologi jaringan yang lebih kompleks dengan mudah. Simulator GNS3 ini juga dapat kita install di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan lainnya. Namun kali ini kita akan coba menginstall GNS3 menggunakan sistem operasi Linux. Bismillah, mari kita coba caranya...

1. Pertama kali yang kita lakukan adalah menginstall sistem operasinya, disini saya gunakan Linux ubuntu. setelah itu buka terminal dan ketikan sudo add-apt-repository ppa:gns3/ppa . setelah itu kita akan dimintakan untuk memasukkan password, maka masukan passwordnya lalu klik enter.

2. Tunggu sampai proses repository selesai. setelah selesai maka ketikkan sudo apt-get update supaya repository yang kita tambahkan tadi dapat digunakan. 


3. Tunggu sampai proses update selesai, selanjutnya ketikan sudo dpkg --add atchitecture i386. dan kita akan diminta untuk memasukkan password, maka masukkan saja password kita. setelah itu ketikkan sudo apt-get update lalu klik enter. 


4. Setelah selesai maka kita ketikkan sudo apt-get install gns3-iou supaya GNS3 yang kita install dapat support dengan iou. 


5. Tunggu sampai penginstallan selesai, maka ketikkan sudo apt-get install gns3-gui untuk memulai menginstall GNS3 nya.


6. Cukup lama penginstallannya, maka tunggu sampai selesai. setelah selesai maka ketikkan sudo apt-get install GNS3 untuk menginstall icon dari GNS3 ini. 


7. Setelah selesai maka ketikkan perintah gns3 untuk membuka GNS3.


8. Dan akan muncullah GNS3 seperti gambar dibawah ini.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Mohon maaf jika ada yang salah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..