Jumat, 21 April 2017

Lab 8.2. Install dan Konfigurasi CGI pada Apache Webserver

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Lanjut ke lab 8.2 dengan materi yang berbeda pastinya hehehe, ini lanjutan dari lab sebelah ya, jika belum tau lab sebelumnya itu gimana bisa dilirik. tujuan lab ini adalah untuk memungkinkan file yang berformat .cgi dapat terbaca di webserver kita. krarena secara default webserver hanya membaca format .html. gimana caranya? Bismillah mari kita coba...
1. Sebelum kita melakukan konfigurasi, terlebih dahulu kita akan menginstall paket pearl nya supaya terbaca saat kita mengakses web server kita. caranya dengan mengetikkan perintah yum -y install perl perl-CGI.


2. Selanjutnya kita akan melakukan pengecekan, dimana secara default file cgi ini terletak di  /var/www/cgi-bin. maka ketikan perintah seperti gambar dibawah ini.


3. Kemudian, ketikan perintah vi /etc/httpd/conf.d/cgi-enabled.conf . adapun cgi-enabled.conf ini berfungsi agar file cgi dapat dipindahkan di direktori lain.


4. Selanjutnya isikan script seperti gambar dibawah ini. maksudnya adalah untuk memberikan directory /var/www/html/cgi-enabled akses untuk bisa membaca file cgi, sedangkan Addhandler itu berfungsi untuk memetakan file dengan ekstensi tertentu seperti .cgi dan .pl.


5. Selanjutnya ketikkan perintah systemctl restart httpd untuk merestart konfigurasi sebelumnya supaya dapat berjalan dengan baik.


6. Kemudian kita akan membuat direktori yang sesuai dengan yang kita isikan di script yaitu di /var/www/html/cgi-enabled.


7. Agar dapat menjalankan file dengan format cgi kita harus mengatur SElinux security context terlebih dahulu. caranya dengan mengetikan perintah chcon -R -t httpd_sys_exec_t /var/www/html/cgi-enabled.


8. kemudian kita buat file html di directory yang telah kita setting sebelumnya untuk melakukan pengujian.


9. Isikan dengan script cgi, setelah selesai maka jangan lupa di save. (untuk bagian isi dapat diubah sesuka kita dan script ini yang nantinya akan menjadi tampilan kita)


10. Setelah itu kita akan melakukan CHMOD ke file index.cgi, untuk pengertian chmod itu sendiri adalah CHange MODe yang berfungsi untuk mengganti Mode/Permission suatu file.


11. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi dengan membuka browser dan ketikkan (dns kita)/cgi-enabled/index.cgi


Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat untuk kita semua, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..