Sabtu, 29 April 2017

Lab 8.9. Konfigurasi Mod Proxy Backend and Forwarded Path

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Lanjut ke lab selanjutnya yaitu lab 8.9 mengenai konfigurasi mod proxy backend and forwarded path. di ibaratkan client hanya mengkases server utama yang diberi nama controller, sedangkan data yang diminta client ke server berada di server node1. Controller ini merupakan server utama yang diakses oleh client, dan client hanya perlu mengarahkan DNS Server nya ke server utama yaitu server controller. lalu bagaimanakah konfigurasinya? Bismillah mari kita mulai.


*Konfigurasi di controller


1. Kemudian kita cek mod proxy yang kita gunakan sebagai backend atau load balancenya sudah aktif atau belum. Setelah itu muncul output seperti gambar dibawah yang menandakan bahwa mod proxy sudah aktif, dan mod proxy yang digunakan adalah yang diberi tanda panah atau lebih tepatnya mod_proxy_balancer.so


2. Selanjutnya kita buat file dengan nama kamilah-proxy.conf, file ini terletak di dalam directory /etc/httpd/conf.d/. Selanjutnya ketikkan perintah seperti gambar dibawah ini untuk mengeditnya.


3. Kemudian kita isi file kamilah-poxy.conf nya. Syntax dibawah menjelaskan bahwa kita melakukan konfigurasi backend. Disini yang kita gunakan sebagai server backend nya kita tandai menggunakan IP Address, kenapa harus ditandai dan ditambahkan IP Address server node1? Karena server node1 ini sebagai server backendnya dan supaya dapat bekerja dengan baik dan dapat diakses client walau si client nya hanya mengakses server controller maka harus ditandai atau ditambahkan IP Address server backend nya (node1).


6. Kemudian restart httpd dengan menjalankan perintah 


*Konfigurasi di Node 1

1. Pastikan node 1 sudah terinstall httpd, setelah itu konfigurasi ip yang satu network. Selanjutnya kita pindah ke server node1. Kemudian kita edit file index.html yang berada di directory /var/www/html/. kita akan mengeditnya maka ketikkan perintah seperti gambar dibawah ini.


2. Ketikan script seperti gambar dibawah ini untuk tampilan dari web server


3. Dan beginilah tampilan dari web servernya.


Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..