Jumat, 21 April 2017

Cara Menggunakan Virtualbox di GNS3



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Salah satu cara untuk menjalankan router os pada GNS3 adalah dengan menggunakan VirtualBox yang menjadi wadahnya, selain itu cara untuk menjalankan router os bisa juga menggunakan qemu. Jika untuk menjalankan router os dengan menggunakan qemu kita akan menggunakan command line, dengan menggunakan Virtualbox ini kita tidak perlu menggunakan command line. Lalu gimana cara? Nah di post kali ini kita akan lakukan konfigurasinya, Bismillah yuk kita mulai....

1. Yang pertama kali kita lakukan adalah menginstall router os di virtualbox. jika sudah maka kita akan beralih ke GNS3 nya. setelah terbuka maka klik menu edit > klik preferences. 


2. Dan nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Lalu klik menu Virtualbox VMs > klik menu edit > pada kolom VM list kita coba cari nama dari router os yang telah kita install di virtualbox > jika sudah maka klik finish. 


3. Selanjutnya pada menu general settings kita ganti template name nya sesuai yang kita mau dan itu adalah nama dari router os kita di GNS3, jangan lupa pada kolom ram isikan menajdi 625 mb atau 64 mb.  


4. Selanjutnya pada menu network kita atur adapternya menjadi 5 atau bisa pula sesuai dengan kebutuhan kita, namun biasanya adapter pada router berjumlah 5, Setelah itu klik ok.


5. Jika sudah selesai maka kita bisa klik apply lalu klik ok.


6. Router os yang telah kita setting sebelumnya pun sudah ada di all devices dan sudah bisa digunakan. adapun cara menggunakannya sama seperti biasa yaitu dengan cara menarik router os kita ke lembar kerja di GNS3. dan cara untuk mengaktifkannya dengan mengklik play, sedangkan kita bisa melihat jumlah adapternya dengan mengklik icon kabel dan klik pada router.



Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat untuk kita semua, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..