Sabtu, 29 April 2017

Lab 8.11. Konfigurasi Balance Manager dengan lbmethod pada Apache

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Lab 8.11 ini merupakan lab penutup mengenai konfigurasi apache, dan kali ini kita akan membahas mengenai balance manager, Balancer Manager merupakan sebuah aplikasi atau fitur yang terdapat pada Apache Web Server, dengan menggunakan Balancer Manager kita dapat mengkontrol server yang kita miliki dan kita jadikan loadbalance. lalu bagaimana cara konfigurasinya? Bismillah mari kita coba sama-sama.

1. Buka file kamilah-proxy.conf yang terletak di directory /etc/httpd/conf.d/. Untuk membuka file tersebut ketikkan perintah seperti gambar dibawah ini.


2. Tambahkan script seperti yang diblock berwarna hijau dan jika melanjutkan lab sebelumnya jangan lupa untuk menghapus ProxyPass (dibawah #balancked server. gambar dibawah ini sudah saya hapus ProxyPassnya) karena jika tidak maka akan terjadi bentrok, disini kita akan menambahkan authentication supaya pada saat mengakses nanti akan dimintakan user dan password. Setelah itu jangan lupa untuk save. 

Keterangan :

  • ProxyRequest Off untuk menonaktifkan default proxy dari mod_proxy.co
  • ProxyPass untuk menentukan kemana proxy akan mengakses servernya
  • balancer://cluster merupkan nama modul mod proxy yang akan digunakan sebagai load balancing (disini cluster bisa diganti dengan nama lain)
  • lbmethod adalah metode yang digunakan untuk balancing, disini ane menggunakan byrequest. Jadi untuk melakukan balancing dapat dilakukan berdasarkan request client
  • : Modul proxy yang digunakan untuk load balancing. Untuk penamaannya harus disamakan seperti balancer nya. Tadi ane memberikan nama cluster, maka pada proxy balancer ini namanya juga harus disamakan.
  • BalancerMember merupakan server balancing nya. Disini terdapat 2 server yang yaitu node1 dan node2. Disitu kita masukkan IP Address servernya.
  • loadfactor adalah request maksimal yang dapat client lakukan oleh suatu server, jika request tersebut sudah maksimal sesuai yang telah ditentukan, maka server akan melakukan pengalihan ke server lainnya yang telah di balancing. 
  • : Merupakan lokasi untuk balancer manager yang akan digunakan untuk melihat statistik dari load balance.


3. Selanjutnya kita akan membuat user dan passwordnya,disini saya menggunakan user kamilah07 maka ketikkan perintah seperti gambar dibawah ini. 


4. Selanjutnya merestart httpd supaya konfigurasi dapat berjalan dengan baik.


5. Terakhir kita akan melakukan verifikasi dengan mengetikkan (domain kita)/balancer-manager dan nantinya ada pop up yang meminta kita untuk memasukan user beserta password untuk mengaksesnya.


6. Setelah memasukan user dan passwordnya dan melakukan login, maka tampilannya menjadi seperti gambar dibawah ini. 


Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..