Jumat, 21 April 2017

Lab 8.4. Konfigurasi Userdir pada Apache Webserver


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

lanjut ke materi selanjutnya walaupun dengan materi yang sama yaitu webserver, post kali ini akan membahas mengenai userdir. apa itu userdir? userdir merupakan kependekan dari userdirectory, userdir itu sendiri memiliki fungsi untuk mengatur web mereka sendiri didalam direktori mereka sendiri, jadi web itu memiliki direktorinya sendiri. ginama caranya? mari kita coba, Bismillah... 
1.  Sebelum melakukan konfigurasi, terlebih dahulu kita akan membuat user baru. dengan mengetikkan perintah useradd (nama usernya).


2. Selain menambahkan user kita akan menambahkan passwordnya dengan mengetikkan perintah passwd (nama usernya). lalu masukan passwordnya klik enter dan masukan kembali passwordnya. 


3. Setelah menambahkan user dan password. sekarang kita akan mengedit file userdir.conf dimana disinilah tempatnya semua konfigurasi userdir pada server. caranya dengan mengetikkan perintah vi /etc/httpd/conf.d/userdir.conf. comment "#" ini membuat layanan dimatikan, maka disini kita akan menghapus comment "#" pada bagian UserDir dan UserDir public_html agar bila terdapat request dari client, langsung di arahkan ke public_html yang berada di /var/www/html.


4. Masih dalam userdir.conf, kita coba cari script <Directory "home/*/public_html">. setelah ketemu kita edit bagian allowoverride yang tadinya none menjadi all supaya direktori tersebut dapat dikendalikan sepenuhnya oleh userdir, edit pula pada bagian options menjadi none. 


5. Selanjutnya kita akan merestart httpd dengan menggunakan perintah systemctl restart httpd supaya konfigurasi yang kita lakukan dapat berjalan.


6. Setelah itu kita akan membuat file terlebih dahulu dengan menggunakan perintah mkdir, selanjutnya kita gunakan perintah chmod 711 supaya konten dari direktori user itu dapat dijalankan oleh user itu sendiri. selanjutnya kita gunakan chown untuk mengubah kepemilikan, dan setelah itu gunakan chmod 755 agar folder tersebut dapat di jalankan oleh semua user.





7. Selanjutnya kita ketikkan perintah chcon -R -t httpd_sys_content_t home/kamilah/public_html untuk perizinan selinux supaya konten yang terdapat dalam folder yang tertera dapat dijalankan menjadi sebuah website.


8. Selanjutnya kita akan membua file index.html di dalam file public_html, dengan menggunakan perintah vi /home/user/public_html, dan disanalah kita akan mengedit tampilan webserver kita jika sudah selesai maka save.


9. Gunakan perintah chmod 644 untuk mengubah permission dari file yang telah dibuat agar dapat dilihat oleh user lain. 


10. Selanjutnya kita gunakan perintah setsebool -P http_enable_homedirs true agar layanan httpd menggunakan userdir.


11. Terakhir, selanjutnya kita akan melakukan verifikasi dengan mengetikkan (dns kita)/~kamilah/ dan beginilah tampilannya.


Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua
Mohon maaf jika ada kesalahan, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..