Minggu, 30 April 2017

Management Service pada Mikrotik


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Jika sebelumnya saya share mengenai management user, kali ini saya akan share mengenai management service. Disinilah kita akan coba memanagement service pada mikrotik seperti winbox, telnet, ssh, dll. disini pula kita akan coba mengatur hanya ip dan port tertentu saja yang dapat meremote mikrotik kita via aplikasi tertentu sesuai yang kita atur nanti dibagian services nya. lalu bagaimanakah caranya? Bismillah mari kita coba sama-sama...


1. Pertama kali yang kita lakukan adalah mengatur ip nya terlebih dahulu, maka ketikkan perintah seperti dibawah ini. sedangkan untuk address dan interfacenya bersifat terserah / disesuaikan saja. 


2. Selanjutnya kita akan coba melakukan pengecekan dengan mengetikkan perintah ip address print. dan disini saya telah mengganti interface ether 1 menjadi kamilah.


*Konfigurasi SSH - Port 

1. Kemudian kita klik menu ip > klik services. karena kita akan melakukan konfigrasi pada SSH maka klik 2 kali pada ssh, dan nantinya kan muncul tampilan baru disanalah kita kan mengaturnya. port default dari ssh adalah 22 dan kita coba ganti menjadi 27 lalu klik ok.


2. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi dengan meremote mikrotik menggunakan ssh via PuTTY. sebelumnya pastikan ip laptop / pc kita dalam satu network. isikan ip addressnya dengan ip router dan beri tanda hitam pada ssh sedangkan portnya dibiarkan secara default, lalu klik open.


4. Karena kita menggunakan port 22, sedangkan yang kita atur adalah 27 maka tampilannya seperti ini yang menandakan sambungan ditolak.


5. Sekarang kita akan coba memasukkan port 27, maka klik open.


6. Jika ada pop up seperti ini muncul maka klik yes, dan kita langsung diminta untuk login.


7. Setelah melakukan login maka kita telah berhasil meremote mikrotik kita via ssh.


*Konfigurasi Winbox - Port

1. Beralih ke winbox, maka klik menu ip > klik services. sekarang kita akan mengkonfigurasi supaya saat meremote mikrotik hanya menggunakan port tertentu, port default dari winbox adalah 8291 dan kita coba ganti menjadi 127, setelah itu klik ok.


2. Selanjutnya kita akan melakukan pengetesan dengan meremote mikrotik via winbox. masukan ip mikrotik di connect to, dan hasilnya tidak berhasil karena kita telah mengganti port default dari winbox. 


3. Selanjutnya kita coba masukan port dibelakang ip (ip:port) lalu klik connect.


4. Dan hasilnya kita telah berhasil meremote mikrotik via winbox.


*Konfigurasi Telnet - Disable Service

1. Kita coba meremote menggunakan telnet dan hasilnya berhasil.


2. Sekarang kita akan men-disable telnet, dengan kata lain kita tidak bisa meremote mikrotik via telnet. caranya dengan klik menu ip > klik services > klik telnet > klik tanda silang.


3. Dan hasilnya menjadi seperti ini.


4. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi dengan meremote mikrotik via telnet, dan hasilnya adalah gagal karena telnet telah kita non aktifkan service nya.


*Konfigurasi Webfig - Port 


1. Pertama kali kita klik menu ip > klik services > klik www 2 kali. dan nantinya akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini, maka kita coba ganti port defaultnya menjadi 227 setelah itu klik ok.


2. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi dengan mengetikkan ip di browser kita. dan hasilnya seperti ini, karena kita telah mengganti port defaultnya.


3. Karena tadi gagal, sekarang kita coba tambahkan port yang telah kita ganti tadi (ip:port) dan hasilnya kita berhasil meremotenya.


*Konfigurasi SSH - Address


1. Kalau tadi kita mengkonfigurasi portnya, sekarang kita ganti menjadi ip nya. disini kita atur ip 172.127.127.129 saja yang dapat meremote mikrotik via ssh, setelah itu klik ok.


2. Beralih ke laptop / pc. disini kita coba atur ip laptop / pc kita menjadi 172.127.127.128.


3. Kemudian kita coba meremote mikrotik via ssh dengan PuTTY. maka isikan ip address nya menjadi ip router dan portnya dibiarkan default, lalu klik open.


4. Dan hasilnya adalah kita gagal meremote mikrotik via ssh.


5. Selanjutnya kita atur kembali ip nya menjadi 172.127.127.129.


6. Sama seperti sebelumnya kita gunakan PuTTY, dan hasilnya kita berhasil melakukan login.


*Konfigurasi Winbox - Address


1. Sekarang kita akan mengkonfigurasi winbox. klik menu ip > klik services > klik winbox 2 kali, dan nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. maka kita atur ip nya menjadi 172.127.127.129 dimana ip ini saja yang dapat meremote mikrotik via winbox. 


2. Ip laptop / pc yang kita gunakan adalah 172.127.127.128 dan saat kita akan meremote mikrotik via winbox yang terjadi adalah menghubungkan dan gagal.


3. Dan saat kita ganti ip laptop / pc nya menjadi 172.127.127.129, maka kita berhasil meremote mikrotik via wibox.


4. Dan ini adalah tampilannya.


*Konfigurasi Webfig - Address 


1. Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi pada webfig nya, dengan mengklik menu ip > klik services > klik www 2 kali, dan nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. disini kita akan atur ip 172,127.127.129 saja yang dapat meremote mikrotik via webfig.


2. Laptop / pc kita menggunakan ip 172.127.127.128, dan yang terjadi saat kita membuka browser dan mengetikkan ip adalah seperti ini.


3. Setelah kita mengganti ip laptop / pc kita menjadi 172.127.127.129 maka kita berhasil meremotenya via webfig.


Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..