Kamis, 20 April 2017

Cara Install Mikrotik Menggunakan Virtualbox



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jika biasanya saat mengkonfigurasi mikrotik secara real menggunakan routerboard asli, namun kadang sulit bagi yang tidak memiliki routerboard mikrotik. Jangan risau, karena kita bisa menggunakan Router OS yang disediakan oleh pihak mikrotik itu sendiri, penggunaannya juga tidak memaksa untuk menggunakan pc secara real namun bisa pula menggunakan virtualisasi machine yang salah satunya adalah menggunaakan virtualbox. Dan disini kita akan coba installasi Mikrotik di virtualbox, Bismillah kita mulai...


1. Pertama kali yang harus diperhatikan adalah mempunyai iso Mikrotiknya, setelah itu maka kita buka virtual box > klik new > (nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini) isikan kolom name, type dan versionnya > klik next


2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. maka atur memory sizenya, setelah itu klik next.


3. Selanjutnya adalah hard drive nya, dimana disini kita akan membuat hard drive yang baru maka klik create a virtual hard drive now > klik create.


4. Setelah itu kita akan diminta untuk memilih type file hard drivenya dan disini kita pilih VDI, lalu klik next.


5. Selanjutnya kita atur secara default saja, maka klik next.


6. Setelah itu kita akan diminta mengisi berapa besar harddisk yang akan kita butuhkan untuk mesin virtual anda disini saya, dalam penggunaannya router asli hanya membutuhkan hard disk kurang dari 256 mb. setelah selesai maka klik create. 


7. Selanjutnya kita akan menjalankan router os nya dengan mengeklik start. 


8. Disinilah kita akan diminta untuk memasukan iso dari mikrotik, caranya dengan klik tanda file untuk browse, setelah itu klik start.


9. Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini yang merupakan booting untuk masuk ke tampilan installasi router os. supaya kita memiliki semua fiturnya maka kita akan menginstall semuanya dengan mengetik huruf A, lalu klik untuk memulai install.


10. Selanjutnya klik N untuk membuang konfigurasi lama atau default dan klik Y untuk melanjut ketahap installasi. 


11. Tunggu sampai proses instalasi selesai, dan mesin akan meminta reboot, sebelum kita menekan enter untuk melakukan reboot jangan lupa untuk unmount iso mikrotik terlebih dahulu yang di pakai agar saat kita melakukan booting ulang mesin tidak akan masuk ke proses instalasi lagi 


12. Selanjutnya kita akan melakukan login dengan admin, sedangkannya untuk passwordnya di klik enter saja (karena tidak memiliki password)


13. Jika telah berhasil login maka tampilan yang akan muncul adalah seperti gambar dibawah ini. 



Sekian yang dapat yang saya sampaikan semoga dapat bermanfaat,
kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..