Sabtu, 15 April 2017

5 Cara Meremote Router Mikrotik


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebelum kita mengkonfig router Mikrotik yang kita lakukan pertama kali ada meremotenya, dan di dalam blog ini akan memuat 5 cara meremote router mikrotik. Melalui apa sajakah? Kita akan meremote router mikrotik melalui Winbox, Webfig, Telnet, SSH, dan Console. Langsung aja yuk ke tutorialnya.

Winbox

Aplikasi yang pertama kali kita gunakan untuk mengakses Router Mikrotik adalah Winbox, dimana aplikasi ini sangat memudahkan, mengapa saya kata demikian? karena Winbox memiliki tampilan GUI, meskipun begitu kita juga mengonfig dengan tampilan CLI dengan menggunakan terminal.Winbox ini aplikasi berbasis Windows, namun bisa pula dijalankan di Linux menggunakan Wine. cara mengakses router Mikrotik menggunakan software ini kita bisa menggunakan 2 cara, yaitu menggunakan mac-address dan ip address.


Mac-Address
1. Pertama sambungkan router Mikrotik dengan PC atau Laptop, lalu buka aplikasi Winbox dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, maka klik tab neighbors disinilah terdapat beberapa item keterangan router Mikrotik, jika masih belum muncul maka klik refresh untuk memuat kembali, setelah muncul maka klik 2 kali pada mac-address sehingga mac-address pindah ke Connect To, setelah itu klik connect.


2. Dan inilah tampilan utama dari Winbox.


3. Selanjutnya karena kita akan coba mengakses melalui ip address maka kita akan menambahkan ip di Winbox. cara dengan mengklik menu ip > klik addressing > klik tanda plus > isikan kolom address sesuai dengan yang kita mau, untuk kolom network klik apply saja nanti akan keluar sendiri, dan isikan pada kolom interface sesuai dengan kabel yang nyolok dengan interface router > klik ok.


 4. Selanjutnya kita akan mencoba mengubah identitiy nya dengan mengklik menu system > identity > isikan identitynya sesuai dengan yang kita mau > klik ok.


Ip Address
1. Selanjutnya kita keluar dari Winbox dan mengatur ip PC atau laptop kiya dengan satu network dengan router yang akan kita remote, sedangkan gatewaynya isikan dengan ip router tersebut, setelah itu klik ok.


2. Setelah itu klik login lagi ke dalam Winbox dengan menggunakan Ip. Klik tab neighbors disinilah terdapat beberapa item keterangan router Mikrotik, jika masih belum muncul maka klik refresh untuk memuat kembali, setelah muncul maka klik 2 kali pada ip address sehingga ip address pindah ke Connect To, setelah itu klik connect.



3. Dan kita berhasil meremote menggunakan ip melalui Winbox.


Webfig

Salah satu cara yang kita gunakan untuk mengakses router Mikrotik adalah menggunakan browser, cara ini biasa disebut webfig (web config). webfig ini berbasis web yang menggunakan port default 80. tutorial ini masih terkait/ kelanjutan dari tutorial sebelumnya. 

1. Pertama, kita buka browser > ketikan ip address router Mikrotik kita > klik enter.   


2. Maka kita sudah berhasil meremotenya dengan tampilan seperti gambar dibawah ini.



Telnet dan SSH (PuTTY)

Ada 2 metode peremotean menggunakan PuTTY yaitu menggunakan telnet dan SSH, meskipun begitu kedua metode peremotean ini memiliki perbedaan dimana jika kita meremote menggunakan telnet, paket data tidak akan dienkripsi sehingga mudah untuk  diketahui isinya. sedangkan jika menggunakan SSH lebih secure karena paket data akan dienkripsi. 2 metode ini sama-sama memiliki tampilan CLI. 


Telnet
1. Kita akan coba menggunakan telnet terlebih dahulu, caranya ketikan ip address router Mikrotik pada kolom hostname (or ip address) dan pilih connection typenya telnet, sedangkan pada kolom port akan muncul secara default, dan 23 ini merupakan port default nya telnet. maka klik ok.


2. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini, maka kita kan mulai login dengan admin dan ketikan passwordnya.


3. Setelah berhasil mka seperti inilah tampilannya.



SSH
1. Sama seperti menggunakan telnet hanya saja connection typenya kita ubah menjadi SSH dan portnya pula akan berubah secara default dengan port 22 yang merupakan port default SSH, setelah itu klik ok.


2. Saat login SSH dan telnet memiliki perbedaan, jika telnet tadi diminta untuk memasukan password sedangkan SSH ini tidak, maka ketikan admin dan klik enter.


3. Setelah berhasil maka seperti inilah tampilannya.



Port Console

Selanjutnya cara yang kita gunakan adalah menggunakan Port Console, bisa dibilang cara ini merupaka cara yang paling secure (aman) karena kita tidak perlu login menggunakan mac-address maupun ip address, namun kita harus menggunakan port console dari router Mikrotik tersebut secara langsung. disini kita akan meremotenya menggunakan minicom.

1. Pertama kita buka terminal dan ketikkan perintah dmesg |grep tty. dan perhatikan tty yang di kotak merahi dibawah ini yang merupakan port serial yang aktif dan nantinya akan kita gunakan. 


2. Setelah itu ketikkan perintah sudo minicom -s untuk mensetup minicomnya terlebih dahulu.


3. Tampilan selanjutnya adalah seperti gambar dibawah ini, maka pilih serial port setup.


4. Selanjutnya akan muncul seperti gambar dibawah ini.  konfigurasi seperti gambar dibawah ini dan atur serial device nya sesuai dengan salah satu port serial yang aktif tadi. jika telah selesai maka klik enter.


5. Selanjutnya kita akan mengesave setup yang telah kita konfigurasi tadi sebagai dfl.


6. Setelah proses save selesai maka klik exit.


7. Pada tahap ini kita klik enter saja untuk melakukan login.


8. Selanjutnya kita akan melakukan login dengan mengetikkan admin dan ketikan passwordnya.


9. Setelah berhasil login maka seperti inilah tampilannya.



Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..