Jumat, 21 April 2017

Lab 8.5. Konfigurasi Virtual Host di Apache Webserver

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 

Selanjutnya kita akan lanjut ke lab 8.5 mengenai virtual host. apa itu virtual host? virual host adalah cara untuk mengatur banyak website atau URL didalam satu mesin atau IP. jadi, disini kita akan coba buat 2 webserver didalam 1 server yang sama. dalam melakukan konfigurasi ini kita harus membuat 2 domain terlebih dahulu. karena di lab sebelumnya kita hanya menggunakan 1 domain maka kita coba buat 1 domain lagi. gimana ya caranya? Bismillah, kita coba... 

*membuat 1 domain lagi 

1. Pertama kita akan menambahkan domainnya dengan mengedit named.conf dengan mengetikkan nano /etc/name.conf


2. Seperti yang saya bilang sebelumnya di postan sebelumnya, dan kita akan gunakan yang .com ini sekarang. disini kita menambahkan file forwardnya saja tidak menambahkan reversenya.


3. Kemudian kita akan membuat file sesuai dengan penamaan yang kita berikan sebelumnya yaitu forward.kamilah1 dan kita juga akan melakukan pengedita pada reverse.kamilah. dengan mengetikkan perintah vi /var/named/(namafile) dan isikan seperti gambar dibawah ini.



4. Selanjutnya ketikkan seperti gambar dibawah ini (perhatikan dengan teliti karena jika kita salah ketik maka akan terjadi eror).


5. Setelah melakukan edit pada file forward.kamilah1 selnjutnya kita akan mengedit pada file reverse.kamilah.


6. Disini kita akan menambahkan saja,  disini kita juga harus teliti karena jika tidak maka akan terjadi eror. 


7. Selanjutnya kita ketikkan perintah seperti gambar dibawah ini, dimana enable berfungsi untuk memulai service dns kita secara otomatis saat sewaktu waktu di restart. sedangkan perintah start berfungsi untuk memulai layanan dns kita. 


8. Selanjutnya kita akan melakukan pengecekan apakah sudah terkoneksi dengan dns yang baru kita buat atau belum dengan menggunakan ping. 


* Konfigurasi VirtualHost


1. Pertama kali yang kita lakukakan adalah melakukan pengecekan pada 2 domain kita dengan menggunakan perintah dig (domain kita). 


www.kamilah.net 


www.kamilah.com 
2. Selanjutnya kita akan membuat file konfigurasi untuk virtualhost dengan mengetikkan perintah nano /etc/httpd/conf.d/vhost.conf. selanjutnya yang keluar seperti gambar dibawah ini. dimana Document Root merupakan directory yang berisi content content dari webserver dengan domain yang tertera berada, ServerName merupakan nama domain kita, ServerAdmin untuk menjelaskan administrator dari web server dengan domain tersebut, ErrorLog merupakan log atau catatan yang menjelasakan suatu kesalahan atau error dari web server tersebut, dan CustomLog merupakan catatan berupa custom log dari web server tersebut. 


3. Selanjutnya kita akan membuat file untuk document root www.kamilah.com dengan menggunakan perintah mkdir. sedangkan untuk domain www.kamilah.net sudah kita buat pada lab sebelumnya.


4. Selanjutnya kita akan membuat file index.html di dalam folder yang kita buat tadi dengan mengetikkan perintah seperti gambar dibawah ini. 


5. Selanjutnya ketikkan seperti gambar dibawah ini. dimana ini adalah script yang akan membuat tampilan web server kita. 


6. Selanjutnya kita akan merestart httpdnya dengan menggunakan perintah systemctl restart httpd supaya konfigurasi yang telah kita lakukan dapat berjalan dengan baik. 


7. Terakhir, yang akan kita lakukan adalah melakukan verifikasi dengan mengetikkan nama domain kita di browser. dan beginilah tampilan dari web server 2 domain yang kita konfigurasi tadi. 

www.kamilah.net

www.kamilah.com
Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat untuk kita semua, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

2 komentar:

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..