Jumat, 28 April 2017

Lab 8.8. Konfigurasi Log Analyzer pada Apache

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Selanjutnya kita akan lanjut ke lab 8.8 yang akan membahas tentang konfigurasi log analyzer pada apache. log analyzer ini akan merekam semua hal yang akan dilakukan user, seperti siapa saja yang megakses, kapan mengakses web servernya, apa saja yang diperbuat oleh user, dan bahkan error pun terlihat. lalu gimana konfigurasinya? Bismillah mari kita coba sama-sama...

1. Yang pertama kali kita lakukan adalah menginstall wget terlebih dahulu yang berfungsi untuk mengunduh aplikasi atau file dari luar berdasarkan alamat websitenya.  


2. Tunggu sampai proses penginstallan selesai dan terinstall dengan benar.


3. Sebelumnya kita harus terhubung ke internet terlebih dahulu supaya dapat mengunduh repository epel. 


4. Setelah selesai mengunduh, kita akan menginstallnya. dengan mengetikkan perintah seperti gamabr dibawah ini.


5. Pastikan server masih terhubung dengan internet, selanjutnya kita akan menginstall awstats nya melalui repository epel dan awstats ini berperan memantau statistik jumlah pengunjung yang mengakses web server kita.


6. Tunggu sampai proses penginstallan selesai dan terintall dengan baik.


7. Selanjutnya kita akan memindahkan dan mengganti nama file awsatats nya, yang awalnya dimakan menggunakan hostname, kita ganti menggunakan domain.


8. Setelah berhasil memindahkan maka kita buka file awsatats.www.kamilah.conf yang terletak di directory /etc/awsats untuk melakukan pengeditan.


9. Kemudian cari script "sitedomain" dimana awalnya menggunakan hostname server. maka kita ganti dengan menggunakan domain kita.


10. Masih dalam file yang sama, maka kita cari script hostaliases dimana kita akan menggunakan bahasa regex, regex ini yang mengatur pecahan data menjadi sebuah gambar.


11. Selanjutnya kita akan melakukan pengeditan file awstats.conf yang terletak di directory /etc/httpd/conf.d/ dengan mengetikkan perintah seperti gambar dibawah ini. 


12. Kemudian kita cari script seperti gambar dibawah ini pada bagian require itu awalnya adalah local, maka kita ganti menjadi ip network server kita.


13. Selanjutnya adalah melakukan konfigurasi perl nya supaya dapat melakukan update dan log nya dapat masuk ke awstats nya dengan menggunakan perintah seperti gambar dibawah ini. 


14. Setelah itu kita restart httpd nya supaya konfigurasi yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik.


15. Terakhir, kita akan melakukan verifikasi dengan mengetikkan www.kamilah.net/awstats/awstats.pl pada browser, dan beginilah tampilannya.


Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua
Kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..