Jumat, 21 April 2017

Lab 8.3. Konfigurasi PHP pada Apache Webserver

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Masih dalam materi yang sama yaitu webserver, kalau sebelumnya kita sudah memungkinkan file yang berformat .cgi bisa dibaca di web server, maka selanjutnya adalah file yang berformat .php . php ini juga merupakan bahasa pemrograman yang dapat disisipkan di file html. adapun fungsi php ini dapat membuat fweb menjadi dinamis. lalu bagaimanakah caranya? mari kita coba sama-sama, Bismillah...

1. Sama seperti sebelumnya, sebelum kita menggunakan php di webserver kita ini kita harus menginstall terlebih dahulu agar webserver kita dapat menbaca file dengan format .php . caranya dengan mengetikkan perintah yum -y install php php-mbstring php pear


2. Tunggu sampai proses penginstallan selesai, setelah itu kita akan mengkonfigurasi file php dengan mengetikkan perintah vi /etc/php.ini.


3. Disini kita akan mengatur waktu dimana server kita berada, sebagai contoh kita akan mengatur date.timezonenya menjadi Asia/Jakarta. (disesuaikan saja dengan dimana beradanya server).


4. Selanjutnya ketikkan perintah systemctl restart httpd untuk merestart layanan httpd supaya konfigurasi yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik.


5. Setelah itu kita akan membuat file index.php terlebih dahulu di direktori /var/www/html/index.php. dan disitulah kita akan mengedit tampilan webserver kita.


6. Kemudian isikan file html yang telah disisipkan di file php, seperti gambar dibawah ini.


7. Terakhir, untuk verifikasi kita ketikkan (dnskita)/index.php dan seperti inilah tampilannya.


Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat untuk kita semua, Wassalamaualaikum Warahamatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..