Senin, 22 Agustus 2016

Setting ip pada CentOS dengan menggunakan mode CLI dan GUI secara DHCP dan static menggunakan VirtualBox

Assalamualaikum Wr.Wb

Kali ini kita akan membahas tentang "Setting ip pada CentOS dengan menggunakan mode CLI dan GUI secara DHCP dan static menggunakan VirtualBox" tetapi sebelumnya kita harus menginstall CentOS di VirtualBox terlebih dahulu, tetapi kita tidak akan membahas cara penginstallannya tetapi jika masih bingung dengan pengisntallannya klik aja disini, oke masalah sudah terselesaikan maka kita lanjut kemasalah pokoknya yuk.

Langkah-langkah :

*Configurasi ip secara DHCP menggunakan mode CLI 
1. Pastinya kita sudah menginstall CentOS di VirtualBox
2. Sebelum kita masukkan perintah-perintahnya kita atur networknya menjadi NAT (Network Address Translation) untuk mentranslasikan sebuah ip yang ada pada host agar terhubung ke internet seolah-olah yang mengakses internet adalah server dari host tersebut (si CentOS ini) dan setelah itu klik ok seperti yang dikotak merahi dan bernomorkan 2


3. Selanjutnya lakukan login dengan "root" dan masukan password yang sudah kita atur sebelumnya saat kita menginstall.


4. Lalu ketikan perintah "nmcli d" untuk mengidentifikasi ethernet yang terinstall di CentOS serta melihat interface mana yang aktif (kita gunakan interface enp0s3)


5. Selanjutnya kita lihat ip addressnya dan lihat interface yang digunakan dengan perintah ip addr (gambar dibawah ini belum terdaftar ipnya)


6. Selanjutnya kita akan menyetting ip address secara DHCP dengan perintah vi /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-Sambungan_kabel_1 lalu ganti bagian none menjadi dhcp dan ganti no menjadi yes, seperti gambar dibawah ini

NB:
  • Sambungan_kabel_1 merupakan interface jadi sesuaikan dengan interfacenya yak 
7. Setelah kita ganti menjadi settingan DHCP (kita akan mendapatkan ip secara otomatis tanpa kita atur terlebih dahulu) selanjutnya kita restart networknya dengan perintah systemctl restart network perintah ini harus kita jalankan supaya config yang kita atur sebelumnya berfungsi/berjalan.


8. Setelah itu ketikan perintah ip addr untuk melihat ip dhcp yang kita atur sebelumnya (ip dhcpnya yang dikotak merahi bagian bawah yak)


*Configurasi ip secara static menggunakan mode CLI 

1.  Sebelum kita masukkan perintah-perintahnya kita atur networknya menjadi Bridge adapter  (dua computer berbeda yang terhubung ke dalam jaringan yang sama) setelah kita ubah menjadi bridged adapter maka selanjutnya kita klik ok  (yang dikotak merahi dan berpanahi nomor dua)


2. Selanjutnya kita akan menyetting ip address secara static(manual) dengan perintah vi /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-Sambungan_kabel_1 karena kita menggunakan sistem operasi yang sama seperti yang kita atur DHCP sebelumnya maka yang tertera dhcp, maka ganti dhcp tersebut menjadi static(seperti yang dikotak dan panahi) dan tambahkan dibagian bawahnya IP ADD,NETMASK,GATEWAY dan DNS1 (seperti gambar dibawah ini)


3. Sebelum kita melakukan pengecekan dengan menggunakan ip addr kita ketikan perintah systemctl restart network supaya config yang telah kita atur berfungsi/berjalan (jika terjadi kesalahan maka restart ulang sistem operasinya)


4. Selanjutnya kita ketikan ip addr maka akan keluar ip address sesuai dengan yang kita atur sebelumnya (ipnya yang dikotak merahi dan tertuliskan panjang pada gambar dibawah ini)


*Configurasi ip secara static menggunakan mode GUI

1.  Jika sebelumnya kita menconfigurasi ip dengan mode CLI, selanjutnya kita akan menconfignya menggunakan mode GUI, sebelumnya kita lakukan login dulu dengan "root" dan masukan password yang sudah kita atur sebelumnya saat kita menginstall


2. Untuk memastikan maka kita ketikan perintah ip addr dan hanya terlihat disini ip dhcpnya saja sementara kita akan mengatur secara static(manual)


3. Lalu ketikan perintah "nmtui" untuk mengidentifikasi ethernet yang terinstall di CentOS serta melihat interface mana yang aktif.


4. Maka kita akan masuk kedalam NetworkManager TUI atau disingkat NMTUI, pilih edit a connection lalu pilih OK 


5. Selanjutnya disini akan muncul interface (bisa ada dua, bisapula hanya satu, contoh disini hanya satu) setelah memilih sambungan kabel 1 lalu pilih edit 

NB :
  • jika ada dua interface maka pilih salah satunya dan menghapus salah satunya (menghapus yang tidak kita gunakan)
6. setelah kita klik edit maka kita akan masuk kedalam edit connection, langkahnya :
  • pertama kita ubah bagian automatic pada bagian yang dikotak merahi menjadi manual
  • kedua ketik bagian show pada bagian yang dikotak merahi menjadi hide, pada bagian ini kita diminta untuk mengatur ip addressnya, pertama kita masukan addressess seperti gambar dibawah ini (jangan lupa menggunakan "/" (contoh :/24) karena jika tidak dia akan mengidentifikasikan secara otomatis menjadi /32), setelah itu kita atur gatewaynya (gateway adalah ip dari router) setelah itu atur DNS servers nya 
  • ketiga kita beri tanda X pada bagian automatically connect dengan mengetik spasi jika sudah diatur maka kita klik OK 

7. Setelah itu pilih quit 


8. Setelah keluar dari NMTUI selanjutnya kita merestart networknya dengan perintah systemctl restart network supaya config yang telah kita atur berfungsi/berjalan (jika terjadi kesalahan maka restart ulang sistem operasinya) dan setelah itu ketik perintah ip addr dan terlihat disini ip yang kita atur sebelumnya (yang dikotak merahi bagian ketiga dari atas)


Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua 
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..