Selasa, 22 November 2016

Memonitoring menggunakan Windows Free Health Monitor


Assalamualaikum Wr.Wb 

Kali ini, di label sistem operasi jaringan kita akan coba melakukan konfigurasi monitoring menggunakan aplikasi windows free health monitor. jika sebelumnya kita mencoba menggunakan task manager, performance monitor dan event viewer.  intip sedikit mengenai aplikasi Windows Free Health Monitor yuk..

Pertama, Apa saja fitur utama dari Windows Free Health Monitor ?
  • Memantau kinerja sistem Windows secara real-time
  • Menghasilkan laporan kinerja dan mengirim email
  • Menetapkan batas ambang kritis dan peringatan

Kedua, langsung ke tahap konfigurasinya aja yukkk 

1. Pertama dan paling utama pastinya kita harus memiliki aplikasi Windows Free Health Monitor dan gambar dibawah ini merupakan contoh dari aplikasinya.


2. Selanjutnya kita klik aplikasi tersebut dan akan muncul tampilan seperti gambar diabawah ini. Maka klik next saja untuk lanjut ketahap berikutnya


3. Tahap selanjutnya adalah persetujuan license dan disini kita klik yes saja untuk melanjut ketahap berikutnya.


4. Tahap selanjutnya adalah pemilihan lokasi tujuan/ dimana kita ingin install aplikasi ini, jika kita ingin mengaturnya maka klik browse tetapi jika ingin diatur secara default juga tidak masalah. setelah itu klik next.


5. Selanjutnya kita akan memulai penginstallan, maka klik next untuk memulainya.


6. Dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini yang berarti kita telah berhasil menginstall aplikasi ini, selanjutnya klik finish 


7. Selanjutnya kita pindah ke cmd dan ketikkan sconfig dan akan muncul seperti gambar dibawah ini. perhatikan domain/workgroup dan computer namenya karena kita akan gunakan nanti saat menambahkan server


8. Selanjutnya pindah (lagi) ke aplikasi yang tadi kita install, dan disini kita akan menambahkan servernya dengan mengklik add server. 


9. Dan nanti akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, maka isikan kolom-kolom dibawah ini dengan sesuai, dan beritanda centang pula pada bagian save as Domain Username/Password. jika sudah terisi dan tercentang maka klik connect.


10. Dan muncullah tampilan seperti gambar dibawah ini yang menunjukkan data cpu, disk space, penggunaan ram dan device response dari pc server. 


Sekian yang dapat saya sampaikan, maaf jika ada kesalahan
Semoga bermanfaat untuk kita semua, Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..