Rabu, 16 November 2016

Monitoring Server menggunakan Windows Server 2012


Assalamualaikum Wr.Wb

Alhamdulillah, saya bisa melanjutkan materi selanjutnya yaitu mengenai Monitoring Server. dan postingan kali ini kita akan membahas langkah-langkah monitoring server menggunakan performance monitor dan even viewer . sebelum ke pembahasan kita intip sedikit mengenai Monitoring Server yuk.

Pertama, Apa itu Monitoring server ? 
"Monitoring Server adalah salah satu fungsi dari management yang berguna untuk menganalisa apakah jaringan masih cukup layak untuk digunakan atau perlu tambahan kapasitas."
Kedua, yuk kita lanjut ke langkah-langkahnya...

Menggunakan Task Manager 
1. Pertama, kita buka task manager, dengan mengklik kanan bagian taksbar > klik task manager > akan muncul tampilan task manager. dan terlihat disini terdapat tulisan there are no running apps yang berarti tidak ada aplikasi yang berjalan. 


2. Dan kita kan coba untuk menjalankan satu aplikasi, dan disini contohnya adalah aplikasi kalkulator.


3. Dan kita buka lagi task manager dengan step yang sama seperti sebelumnya, dan terlihat disini aplikasi yang sedang kita jalankan yaitu kalkulator. 


4. Selanjutnya kita end task pada aplikasi yang kita jalani sebelumnya. dan klik bagian pojok kiri task manager yaitu more details supaya kita dapat melihat dengan lebih jelas.


5. Dan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, dan yang pertama adalah tampilan processes dimana pada tahap ini kita dapat melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan penggunaan cpu serta ram nya dapat kita lihat disini.


6. Selanjutnya kita ke tampilan Performance dimana pada menu ini memuat beberapa tampilan monitoring, mulai dari CPU, Memory, sampai Enthernet. Pertama, pada cpu kita bisa melihat beban load cpu tersebut, dan juga jumlah pemrosessan, up time menunjukkan sudah berapa lama cpu ini menyala dan memulai pemrosesan, jumlah core sekaligus threed pada sebuah prosesor.


7.  Selanjutnya adalah menu memory, dimana pada menu ini kita bisa melihat kapasitas memory dan jumlah memory yang sedang di gunakan, speed memory dan lain lain nya. 


8. Menu selanjutnya adalah menu Ethernet, dimana pada menu ini mencakup monitoring trafik internet, ip yang sedang di gunakan, dan jenis adaptor internet yang sedang di gunakan. 


9. Setelah melihat lihat beberapa status mengenai cpu, ram dan ethernet, sekarang kita klik open resource monitor.


10.  Pada menu open resource monitor ini memuat beberapa status secara lebih rinci, dan kita bisa melihat beberapa status secara bersamaan dalam waktu yang sama, adapun yang dapat kita monitoring disini adalah cpu,disk,network,memory.


11. Pertama kita ke menu cpu, dan disini kita dapat melihat lebih jelas mengenai penggunaan cpu.


12. Kedua, kita ke menu memory. disini kita dapat melihat lebih rinci mengenai penggunaan memory.


13. Selanjutnya ke menu disk, dimana pada menu ini memuat tampilan penggunaan disk.


14. Dan menu terakhir adalah menu network dimana pada menu ini memuat tampilan yang lebih rinci mengenai aktifitas kita yang melalui ethernet.


Menggunakan Performance Monitor 

1. Selanjutnya kita membuka aplikasi performance monitor. caranya dengan membuka server manager > klik tools > klik performance monitor.


2. Dan ini adalah tampilan awal untuk performace monitor. pada tampilan awal ini berisikan tentang aplikasi tersebut, dan juga spesifkasi singkat komputer yang kita gunakan. Selanjutnya kita klik performance monitor. 


3. Dan ini adalah tampilan dari performance monitor untuk melihat status yang ada pada menu ini, kita bisa menambahkan beberapa status monitoring lain nya, caranya dengan klik tanda + (yang dikotak merahi dibawah ini) anda bisa memilih status apa lagi yang akan di tampilkan. 


4. Dan ini adalah tampilan yang akan muncul setelah kita mengklik tanda +. dan disini kita akan coba menambahkan processor untuk kita monitoring. caranya dengan mengklik processor pada kotak bagian kiri dan klik add >> setelah itu akan muncul di kotak sebelah kanan ini. jika sudah maka klik ok .


5. Nah sekarang kita dapat lihat status yang ada apakah bertambah dan semakin banyak warna status yang muncul, kita dapat membedakan jenis-jenis status yang ada dengan mengenali tipe warna status yang ada.



Menggunakan Event Viewer 

1. Selanjutnya kita akan menggunakan aplikasi event viewer. Sama seperti sebelumnya, cara membukanya dengan membuka server manager > klik tools > klik event viewer.


2. Dan ini adalah tampilan awal dari event viewerpada tampilan awal ini berisikan tentang aplikasi tersebut, dan juga spesifkasi singkat komputer yang kita gunakan. 


3. Selanjutnya kita akan coba menfilter prioritas status yang di tampilkan, caranya dengan mengklik kanan pada system > klik filter current log


4. Setelah itu pilih event level mana yang ingin kita jadikan sebagai prioritas status yang nanti akan muncul, setelah memilih event level nya (disini kita memilih critical level) lalu klik ok .


5. Sekarang kita cek, nanti semua service yang tampil akan sesuai dengan pengaturan prioritas event yang sebelumnya kita lakukan, contohnya tadi kita memilih critical level, dan nantinya status tersebut akan menjadi prioritas  level pada saat kita membuka tampilan status nya.


Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat untuk kita semua..... Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..