Rabu, 07 Juni 2017

Konfigurasi Mail Client Menggunakan Thunderbird di Windows Server 2012

Assalamualaikum Warahamatullahi Wabarakatuh...

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Konfigurasi Mail Client dengan menggunakan Thudebird, maksudnya adalah disini kita akan coba mengetes dengan cara kirim-kirim email dengan aplikasi Thunderbird. Dan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya, sebelum mempraktekan postingan ini, kita harus konfigurasi untuk mail server serta usernya terlebih dahulu. Untuk caranya bisa kalian lihat disini. Lalu bagaimanakah konfigurasinya? Bismillah mari kita coba sama-sama... 


-- Install Thunderbird --

1. Yang pertama kita lakukan adalah menjalankan installer thunderbirdnya terlebih dahulu. 


2. Lalu nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. maka kita klik next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya


 
3. Pada tahap ini kita pilih tipe installasinya standard, jika sudah maka klik next.



4. Atur lokasi dimana thunderbird akan dipasang, jika sudah maka klik install untuk memulai penginstallan. 


5. Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini yang menandakan kita berhasil menginstall thunderbird maka klik finish

 
-- Konfigurasi Thunderbird --

1. Secara otomatis aplikasi thunderbird akan berjalan dan nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, maka klik skip this and use my existing email.


2. Masukkan akunnya sesuai yang telah kita atur sebelumnya di hmail server, jika sudah maka klik continue.


3. Setelah mengalami loading maka akan muncul tampilan pada gambar dibawah ini, dibiarkan default saja, lalu klik done


4. Setelah itu akan muncul pop-up warning seperti gambar dibawah ini karena server mail kita tidak menggunakan enkripsi, maka kita abaikan dengan mencentang i understand the risks dan klik done.


5. Selanjutnya kita akan menambahkan satu user lagi di thunderbird sebagai penerima nantinya, maka klik icon menu > klik options > klik account settings.


6. Nantinya akan muncul tampilan baru dan pada pojok kiri bawahnya, kemudian klik menu account actions kita klik dan klik add mail account


7. Nantinya akan mucnul mail account setup. seperti sebelumnya, Pada kolom Your name isikan terserah kita saja, kemudian pada kolom Email address isikan email dari user mailnya yang telah kita atur di hmail, setelah itu masukan passwordnya pada kolom Password, jika sudah maka klik continue.


8. Dan nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, kita biarkan saja secara deault dan kita klik done


9. Setelah itu akan muncul pop-up warning seperti gambar dibawah ini karena server mail kita tidak menggunakan enkripsi, maka kita abaikan dengan mencentang i understand the risks dan klik done.


10. Terlihat disini dua user tersebut berhasil kita tambahkan di thunderbird.


11. Sekarang kita akan melakukan verifikasi dengan melakukan pengiriman pesan email dari user kamilah ke user aprilia, dengan mengklik user kamilah dan klik write a new message.


12.  Isikan kolom to dengan user aprilia@kamilah.com dan isikan subjek dan isi pesannya, jika sudah maka klik send.


13. Kita akan coba cek apakah email tersebut masuk atau tidak dengan mengklik user aprilia@kamilah.com > klik inbox. dan terlihat disini satu email dari kamilah, dan kita bisa melihatnya dengan mengklik email tersebut dan nantinya akan muncul dibagian bawah.



Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..