Minggu, 04 Juni 2017

[Lab 10.2] Konfigurasi Mail Client (Thunderbird, Rainloop, Geary)


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaraatuh...

Sudah sampai ke post-an kedua nih untuk materi mail server. Dan pada kesempatan kali ini kita akan melakukan konfigurasi mengenai mail client, dan yang akan kita lakukan konfigurasinya adalah menggunakan aplikasi Thunderbird, Rainloop, dan Geary. 

Sebelumnya, apa itu mail client?
"Mail client adalah suatu program yang digunakan untuk mengirim dan menetrima email, dan sebelum melakukan konfigurasi mail server kita harus terlebih dahulu melakukan konfigurasi mail server."
Dan berikut topologi yang akan kita lakukan untuk melakukan konfigurasinya, lalu bagaimana dengan konfigurasiny? Bismillah, mari kita coba sama-sama. 

- Thunderbird -


1. Sebelum melakukan konfigurasinya, kita harus menginstall terlebih dahulu aplikasi thunderbirdnya. Dan untuk penginstallannya saya tidak sertakan dalam post-an ini karena dalam melakukan penginstallannya kita hanya klik next-next saja dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menginstallnya. Jika sudah berhasil menginstall maka yang akan muncul nantinya seperti gambar dibawah ini, dan pada tahap ini kita skip saja dengan mengklik skip this and user my existing email.  


2. Pada kolom Your name isikan terserah kita saja, kemudian pada kolom Email address isikan email dari user mailnya, setelah itu masukan passwordnya pada kolom Password, jika sudah maka klik continue.


3. Dan nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, kita biarkan saja secara deault dan kita klik done


4. Setelah itu akan muncul pop-up warning seperti gambar dibawah ini karena server mail kita tidak menggunakan enkripsi, maka kita abaikan dengan mencentang i understand the risks dan klik done.


5. Dan beginilah tampilan utama dari thunderbird.


6. Selanjutnya kita akan menambahkan satu user lagi di thunderbird sebagai penerima nantinya, maka klik icon menu > klik options > klik account settings.


7. Nantinya akan muncul tampilan baru dan pada pojok kiri bawahnya, kemudian klik menu account actions kita klik dan klik add mail account


8. Nantinya akan mucnul mail account setup. seperti sebelumnya, Pada kolom Your name isikan terserah kita saja, kemudian pada kolom Email address isikan email dari user mailnya, setelah itu masukan passwordnya pada kolom Password, jika sudah maka klik continue.


9. Dan nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, kita biarkan saja secara deault dan kita klik done


10. Setelah itu akan muncul pop-up warning seperti gambar dibawah ini karena server mail kita tidak menggunakan enkripsi, maka kita abaikan dengan mencentang i understand the risks dan klik done.


11. Dua user tersebut berhasil kita tambahkan di thunderbird, dan sekarang kita akan melakukan verifikasi dengan melakukan pengiriman pesan email dari user kamilah ke user aprilia, dengan mengklik user kamilah dan klik write a new message.


12. Isikan kolom to dengan user aprilia@kamilah.com dan isikan subjek dan isi pesannya, jika sudah maka klik send.


13. Kita akan coba cek apakah email tersebut masuk atau tidak dengan mengklik user aprilia@kamilah.com > klik inbox. dan terlihat disini satu email dari kamilah, dan kita bisa melihatnya dengan mengklik email tersebut dan nantinya akn muncul dibagian bawah.


14. Selain itu kita juga bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan telnet port 110. Dan terlihat disini email yang diterima sama seperti email yang kita kirim sebelumnya yang menandakan email tersebut berhasil terkirim.

- Rainloop -

Sebelum melakukan konfigurasi rainloop kita harus menginstall fitur rainloop pada mail server kita terlebih dahulu. Karena rainloop ini berbasis web maka kita harus menginstall dan mengkonfigurasi webservernya terlebih dahulu, dan disini kita gunakan web server apache. selain itu rainloop ini menggunakan bahasa php yang mengharuskan kita menginstall fitur php terlebih dahulu.

1. Pertama disini kita akan download file .zip  rainloopnya terlebih dahulu. Dan disini kita downloadnya menggunakan Curl, selain curl kita juga bisa mneggunakan Wget atau yang lainnya. Tetapi sebelum mendownload file .zip nya kita akan menginstall fitur curl nya terlebih dahulu.


2. Tunggu sampai penginstallan selesai dan pastikan berjalan dengan baik dan komplit.


3. Baru deh setelah itu kita download file .zip nya dengan mengetikkan perintah seperti yang ditandai dengan warna hijau dibawah ini. 


4. Setelah itu buat direktori rainloop di dalam direktori /var/www/html/, karena disitulah letak direktori default web pada Apache. 


5. Sekarang kita akan mengextract file rainloop-latest.zip yang sebelumnya kita download kedalam directory rainloop yang telah dibuat dengan menggunakan unzip, namun sebelumnya kita harus menginstall terlebih dahulu fitur unzipnya di server mail kita.


6. Tunggu sampai penginstallan selesai dan pastikan berjalan dengan baik dan komplit.


7. Jika sudah, maka baru deh kita bisa mengextract file rainloop-latest.zip nya dan meletakan filenya kedalam direktori rainloop yang telah kita buat sebelumnya.


8. Proses sedang berjalan dan tunggu sampai selesai.


9. Jika sudah selesai maka selanjutnya kita akan mengatur permisionnya untuk setiap direkroti yang ada di /var/www/html/rainloop menjadi 755 dan atur setiap file yang ada di direktori /var/www/html/rainloop menjadi 644.


10. Selanjutnya kita akan mengatur ownership terhadap direktori /var/www/html/rainloop menjadi kepemilikan apache.


11. Selanjutnya kita akan mengatur security context nya secara recursive terhadap directory /var/www/html/rainloop kemudian kita juga akan mengubah jenis direktori beserta isinya, jenisnya adalah tipe SElinux, caranya dengan mengetikkan perintah httpd_sys_rw_content_t yang berarti direktori yang dapat dibaca maupun ditulis yang digunakan oleh apache.


12. Selain itu kita juga akan mengatur pula SElinux security context nya terhadap  /var/www/html/rainloop/data, namun sebelumnya kita install terlebih dahulu policycoreutils-python nya.


13. Tunggu sampai proses peginstallan selesai dan pastikan berjalan dengan baik dan komplit.


14. Jika sudah maka baru dah kita atur SElinux security context dengan mengetikkan perintah seperti yang ditandai berwarna hijau dibawah ini.


15. Selanjutnya kita konfigurasi SELinux boolean nya supaya mengizinkan script HTTPD dan modul untuk terhubung ke jaringan.


16. Sekarang kita akan melakukan verifikasi dengan membuka browser dan ketikkan (domain)/rainloop/?admin. Maka kita akan melakukan login menggunakan user admin terlebih dahulu dengan password 12345 supaya kita dapat mengkonfigurasi rainloop supaya terkoneksi dengan mail server kita.


17. Jika sudah masuk, maka kita akan menambahkan domain dengan mengklik tab domains > klik add domain, dimana domain inilah yang nantinya digunakan oleh user.


18.  Isikan pada kolom name dengan root domain kita, lalu isikan pula bagian IMAP yaitu pada kolom server isikan dengan domain server kita, begitu juga dengan bagian SMTP pada kolom server kita isikan domain server kita juga. Sedangkan untuk portnya kita biarkan secara default yaitu posrt 143 untuk IMAP dan port 25 untuk SMTP karena kita belum menggunakan SSL. Pada bagain IMAP dan SMTP kita centang pada use short login yang berfungsi agar user mail dapat login ke rainloop dengan menuliskan nama usernya saja tanpa disertakan dengan domainnya. Setelah itu klik test dan pastikan tulisan IMAP dan SMTP berubah menjadi berwarna hijau yang menandakan rainloop berhasil terkoneksi dengan server mail, jika tidak maka ada konfigurasi yang salah. Jika sudah maka klik add untuk menambahkan domain.


19. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi dengan membuka browser dan ketikkan (domain)/rainloop/ dan kita akan login menggunakan user dan password yang telah kita buat sebelumnya, dan disini kita akan coba login menggunakan user kamilah.


20. Kita akan coba mengirim email dari user kamilah ke user aprilia dengan mengetikkan new > atur penerimanya yaitu aprilia > isikan subjek dan isi emailnya sesuai dengan kemauan kita > klik send.  


21. Jika sudah maka kita login menggunakan user aprilia, untuk melihat apakah email tersebut sudah terkirim atau belum. 


22. Jika sudah masuk maka klik inbox dan terlihat disini ada email masuk dari kamilah dengan subjek dan isi yang sama yang menandakan email berhasil dikirim dan diterima.


- Geary -

Aplikasi selanjutnya yang kita gunakan adalah mail Geary, seperti sebelumnya kita harus menginstall terlebih dahulu mail gearynya, namun pada post-an kali ini saya tidak sertakan karena saya menggunakan pc sekolah yang menggunakan sistem operasi linux elementary dan mail geary sudah terinstall disini. 

1. Klik applications yng terletak di pojok kiri atas > klik mail geary


2. Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Yang pertama kali kita lakukan adalah mengubah service nya menjadi other, kemudian isikan email address dan nama kita. Kemudian untuk server IMAP dan SMTP masukkan domain kita pada kolom server, untuk port dibiarkan secara default saja yaitu port 143 untuk IMAP dan 25 untuk SMTP, karena kita belum menggunakan SSL, masukkan user tanpa menggunakan @domain dan masukkan juga password nya.


3. Kemudian akan muncul pop-up warning seperti gambar dibawah ini yang mengatakan bahwa pengaturannya tidak secure / aman, ini karena kita belum menggunakan SSL. Maka ketik continue untuk melanjutkan.


4. Selanjutnya kita akan melakukan verifikasi dengan mengirimkan email dari user kamilah ke user aprilia, dengan mengklik icon surat > isikan penerima (to) yaitu aprilia > isikan subjek dan objek sesuai dengan kemauan kita > klik ctrl + enter untuk mengirim email.


5. Dan untuk memastikan apakah emailnya sudah terkirim atau belum maka kita akan login user aprilia menggunakan rainloop. 


6. Setelah itu klik tab inbox dan terlihat disini ada email masuk dari Nur Kamilah Aprilia (user kamilah) dengan subjek dan isi yang sama, yang menandakan email berhasil di kirim dan di terima. 


Sekian yang dapat saya sampaikan, Kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..