Senin, 01 Mei 2017

Indonesia Internet eXchange (IIX)

Hasil gambar untuk iix
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 

Kali ini saya akan membahas mengenai IIX (Indonesia Internet eXchange) yang sebenarnya materi adalah materi laporan selesai prakerin saya yang kebetulan saya prakerin di APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia), kalau dibiarkan sayang hehehe.

Indonesia Internet eXchange (IIX)

Salah satu fasilitas yang tersedia di Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) adalah Internet eXchange (IX). Sesuai dengan namanya eXchage yaitu pertukaran. Dimana Internet eXchange ini berperan sebagai wadah pertukaran jalur antar ISP (Internet Service Provider) di Indonesia yang terhubung langsung dengan Internet eXchange. Internet eXchange ini akan menghubungkan secara lokal sehingga tidak perlu lagi melalui jalur luar negeri atau biasa disebut dengan jalur Internasional. Di Indonesia, Internet eXchange biasa disebut Indonesia Internet eXchange. Dan gambar diatas merupakan topologi Indonesia Internet eXchange (IIX) yang bertepatan di Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 
Indonesia Internet eXchange terdiri dari beberapa node yaitu IIX-JK (Jakarta), IIX-JI (Jawa Timur – Surabaya & Malang), IIX-YO (Yogyakarta), IIX-SU (Sumatera Utara – Medan), IIX-PALEMBANG, IIX-JABAR (Bandung), IIX-BALI (Denpasar), IIX-RIAU (Pekanbaru), dan IIX-KEPRI (Batam) yang berpusat di Jakarta, tepatnya di gedung Cyber Jakarta Selatan.

Fungsi Indonesia Internet eXchange (IIX)

Dengan adanya tulang punggung lalu lintas informasi nasional yang pengembangannya dapat dikelola oleh Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, berbagai manfaat yang dapat diperoleh antara lain:
1. Merupakan jalur yang relatif lebih murah dibandingkan dengan menggunakan tulang punggung jaringan internet di negara lain (yang tentunya ingin mengambil keuntungan dari penggunaan fasilitasnya).
2.   Merupakan jalur alternative bagi sebuah Penyelenggara Jasa Internet apabila jalur koneksi ke internet yang dimilikinya (langsung ke luar negeri) mengalami masalah.
3.  Lebar pita / bandwidth yang tinggi antar Penyelenggara Jasa Internet Indonesia akan memberikan insentif bagi penyedia informasi (content provider) menempatkan basis datanya di Indonesia, baik bagi penyedia informasi lokal maupun internasional.
4.      Interkoneksi nasional ini dapat dimanfaatkan untuk layanan - layanan baru yang membutuhkan lebar pita yang tinggi, yang mungkin dapat direalisir apabila mengandalkan interkoneksi melalui negara lain yang biayanya relatif tinggi.

Tujuan Indonesia Internet eXchange (IIX)

Tujuan program IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang memiliki kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan yang ada, untuk digunakan oleh setiap Penyelenggara Jasa Internet yang memiliki ijin beroperasi di Indonesia.
Pada saat ini program IIX tidak mempunyai tanggal berakhirnya program secara keseluruhan, melainkan dibagi atas tahapan-tahapan yang akan dikembangkan secara terus-menerus.

        Implementasi Indonesia Internet eXchange (IIX)


Sebelum adanya IIX, seluruh ISP di Indonesia hanya mempunyai satu sambungan yaitu koneksi ke luar negeri, baik yang tersambung ke Jepang, Amerika, maupun Singapura. Lalu bagaimanakah pertukaran antar ISP di Indonesia sebelum adanya Internet eXchange? Dalam pemahaman ini mari coba gunakan ilustrasi seperti diatas. Katakanlah bahwa Client Biznet ini terhubung dengan ISP Biznet dan ISP Biznet terhubung ke Singapura. Sedangkan Client PSN terhubung langsung dengan ISP PSN dan ISP PSN tersebut terhubung  ke Jepang. Sedangkan yang menjadi masalah adalah bagaimana jika Client Biznet ingin mengakses Client PSN? jalur yang akan ditempuh jika Client Biznet ingin mengakses Client PSN seperti ini : Client Biznet akan melewati ISP Biznet lalu menuju Singapura, dan dari Singapura akan menuju Jepang, selanjutnya akan menuju ke ISP PSN lalu akan diteruskan ke ISP PSN baru akan menuju Client PSN. Trafik yang akan dilalui akan sangat jauh dan waktu yang dibutuhkan cukup lama. Jadi, sangat tidak efisien dan sangat disayangkan sedangkan jika kita pikirkan dengan cermat bahwa kedua ISP ini sama-sama berada di dalam satu jaringan lokal yaitu di Indonesia atau bahkan jarak antar ISP hanya beberapa kilometer. Tetapi, kenapa Client Biznet ingin mengakses Client PSN yang sama-sama berada di satu jaringan lokal ini harus keluar negeri dulu seperti Singapura dan Jepang baru dapat mengaksesnya? Disitulah akhirnya muncul peran Indonesia Internet eXchange. Yang berfungsi untuk meminimalisir jarak tempuh, biaya dan kelambatan saat mengakses.   


Dan setelah adanya IIX ini. ISP di Indonesia memiliki 2 sambungan yaitu sambungan ke luar negeri dan sambungan ke IIX. Sedangkan jika ISP tersebut tersambung dengan IIX maka antara Client ISP tersebut dapat dengan mudah mengakses satu sama lain dengan jarak tempuh yang dekat dan waktu yang lebih cepat karena tidak perlu lagi melalui jalur internasional seperti Singapura dan Jepang, karena kedua ISP ini dalam satu jaringan local yaitu di Indonesia. 

Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..