Kamis, 25 Mei 2017

[Lab 9.2] Konfigurasi PhpPgAdmin pada Postgresql

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Sampai pada konfigurasi kedua mengenai database postgresql ini, tepatnya konfigurasi pada lab 9.2 mengenai phppgadmin pada postgresql. dimana phppgadmin ini merupakan postgresql client yang dapat kita akses melalui web. sehingga kita tidak perlu lagi mengetikkan command untuk membuat database, user, tabel, dan lain sebagainya. Berikut topologi yang kita gunakan untuk konfigurasi kali ini, lalu bagaimanakah konfigurasinya? Bismillah mari kita coba sama-sama. 




1. Yang paling pertama kita lakukan adalah menginstall repository epel terlebih dahulu, karena package phppgadmin tidak terdapat dalam repository default centos 7 dan adanya di repository epel.


2. Tunggu sampai proses penginstallan selesai dan pastikan berjalan dengan baik dan komplit.


3. Jika sudah komplit, maka kita akan menginstall package phppgadminnya menggunakan repository epel yang sudah kita install sebelumnya.


4. Tunggu sampai proses penginstallan selesai dan pastikan berjalan dengan baik dan komplit.


5. Jika sudah selesai melakukan penginstallan, maka kita akan mengedit halaman phppgadminnya terlebih dahulu, dengan mengetikkan perintah nano /etc/phpPgAdmin/config.inc.php.


6. Pada baris 18, kita edit adalah $conf['servers'][0]['host'] yang berfungsi untuk mendefinisikan letar postgresql servernya. Karena postgresql server dan phpPgAdmin berada dalam satu server yang sama maka kita atur menjadi localhost.


7. Pada baris 35, kita atur path pg_dump_path dan pg_dumpall_path ke directory pg_dumb pada aplikasi postgresql. Karena tidak kita atur, maka nantinya akan menyebabkan phpPgAdmin PostgreSql ini tidak berjalan dengan semestinya.



8. Pada baris 93 ini kita ubah valuenya menjadi false yang berfungsi untuk menonaktifkan extra_login_security, karena jika kita aktifkan maka memungkinkan kita tidak bisa login ke PhpPgAdmin / Login disallowed for security reasons, yang artinya tidak bisa login karena alasan keamanan. lalu pada baris 99, kita atur valuenya menjadi true yang berfungsi agar pemiliknya sajalah yang dapat melakukan login dan mengakses database tersebut. 


9. Setalah itu kita akan melakukan pengeditan pada file konfigurasi pg_hba.conf yang terletak pada direktori /var/opt/rh/rh-postgresql95/lib/pgsql/data/.


10. Pada baris 82, tambahkan satu host dengan address ip loopback, dan atur pada address untuk host yang kedua (yang sudah ditandai addressnya dengan warna hijau) dengan ip network dari server centos 7 kita, dan jangan lupa untuk mengganti methodnya menjadi md5. 


11. Setelah itu kita akan mengedit file konfigurasi phpPgAdminnya yang terletak pada direktori /etc/httpd/conf.d/.


12. Pada baris 11, tambahkan Require ip didalam tag IfModule mod_authz_core.c dengan ip network server centos 7 kita  yang berfungsi agar ip network mana yang dapat mengakses module mod_authz_core.c, supaya tidak semua orang dapat mengakses phpPgAdmin.


13. Kita restart service httpd (apache) dan service postgresql agar konfigurasi dapat berjalan dengan baik. 


14. Ketikkan perintah seperti gambar dibawah ini untuk mengizinkan SELinux Boolean agar dapat mengakses database melalui website.


Verifikasi

1. Sebelum mengaksesnya di browser, terlebih dahulu kita install apache dan php nya terlebih dahulu. Jika sudah maka kita buka browser dan ketikkan (domain)/phpPgAdmin, dan nantinya akan muncul tampilan utama dari phpPgAdmin.


2. Selanjutnya kita akan melakukan login, caranya dengan mengklik PostgreSQL > isikan kolom username dan passwordnya > klik login.


3. Dan kita berhasil melakukan login dengan user kamilah, dan disinilah kita melakukan konfigurasi database melalui website.


Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..