Jumat, 05 Mei 2017

Lab 8.15. Konfigurasi Basic Authentication pada Nginx


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Selanjutnya lab 8.15. dimana pada lab ini kita akan membahas mengenai konfigurasi authentication basic. Pada post-an sebelumnya kita telah melakukan konfigurasinya, tapi berbeda.... karena sebelumnya kita menggunakan Apache, dan sekarang kita menggunakan nginx. Mari kita coba ingat-ingat sedikit lagi mengenai basic authentication. Seperti halnya facebook, twitter, instagram, Basic authentication ini adalah suatu metode dimana saat kita ingin mengaksesnya kita harus memasukkan user dan passwordnya terlebih dahulu hanya saja basic authentication ini berupa pop up. karena itu tidak sembarang orang dapat mengaksesnya, hanya orang yang tau user dan passwordnya saja. lalu bagaimakah konfigurasinya? Bismillah, mari kita coba sama-sama... Dengan menggunakan topologi seperti berikut...



1. Yang pertama kali kita lakukan adalah menambahkan httpd toolsnya terlebih dahulu, dengan mengetikkan perintah seperti gambar dibawah ini.


2. Setelah proses penginstallan selesai maka selanjutnya kita akan membuat file .conf pada direktori /etc/nginx/conf.d/. tetapi disini kita akan gunakan file konfigurasi virtual host sebelumnya. jika ingin langsung melakukan pengeditan pada file konfigurasi global nginx.conf pada direktori /etc/nginx tidak masalah. 


3. Kemudian tambahkan script seperti yang berwarna hijau dibawah ini. 

Keterangan :
  • location /auth-basic untuk mendefiniskan letak dari konten web yang akan kita beri autentikasi.
  • root /usr/share/nginx/kamilahcom untuk mendefinisikan directory root pada suatu website.
  • auth_basic "Basic Auth" untuk mengaktifkan autentikasi basic dengan string "Basic Auth".
  • auth_basic_user_file "/etc/nginx/.htpasswdkamilah"; untuk mendefinisikan letak user yang akan digunakan untuk autentikasi. Dan disini kiya akan letakkan usernya pada file .htpasswddkamilah.


4. Tadi kita telah meletakkan user authenticationnya di .htpasswdkamilah, maka disini kita akan membuat usernya dengan mengetikkan perintah seperti gambar dibawah ini. Dan disini saya beri nama usernya kamilah.


5. Selanjutnya kita akan merestart nginx nya supaya konfigurasi yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik dengan mengetikkan perintah systemctl restart nginx.


6. Setelah itu kita akan membuat direktori authentication basicnya di direktori /usr/share/nginx/kamilahcom/.


7. Setelah membuat direktorinya, selanjutnya kita akan membuat file index.html di direktori authentication basic yang kita buat sebelumnya.


8. Kemudian isikan script seperti gambar dibawah ini yang nantinya akan menjadi konten dari web kita.


9. Terakhir kita lakukan verifikasi dengan membuka browser dan ketikkan domain/auth-basic/ dan nantinya akan muncul pop up dimana kita akan diminta untuk memasukan user dan password untuk mengakses web nya.


10. Dan beginilah tampilan web dari authentication basic yang telah kita konfigurasi sebelumnya.


Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..