Rabu, 03 Mei 2017

NetInstall pada Mikrotik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Kali ini kita akan membahas mengenai cara menginstall routeros Mikrotik menggunakan salah satu software yaitu netinstall. Sebelumnya, apa itu netinstall? Netinstall adalah suatu aplikasi  yang berjalan pada sistem operasi Windows yang memungkinan kita untuk menginstall OS Mikrotik via Jaringan Ethernet. Selain itu, saat kita lupa password dari user pada router, netinstall salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menginstall unlang router osnya. Dengan metode ini memungkinkan kita untuk memperbaiki RouterOS yang rusak akibat kesalahan pada saat instalasi. Sebelum melakukan netinstall ada bebapa hal yang harus kita siapkan. diantaranya : software netinstall; file software mikrotik sesuai dengan jenisnya ( mpsbe, mipsle, mipsle, smips, dll. ); router dan kabel utp. Dan disini saya menggunakan RB951G-2HnD dan software mikrotik yang digunakan adalah mpsbe. Lalu bagaimanakah konfigurasinya? Bismillah mari kita coba... 

1. Yang paling pertama kita lakukan adalah mengatur ip addressnya terlebih dahulu dan disini saya gunakan ip 172.127.127.127. untuk dns tidak diisi tidak apa. Jika sudah maka klik ok. 


2. Selanjutnya kita matikan terlebih dahulu firewall dan antivirtus yang kita gunakan, jika sudah maka klik ok. Setelah itu pastikan network adapter yang nyala hanya satu yaitu ethernet karena kita akan melakukan penginstallan menggunakan ethernet.


3. Seperti yang saya bilang sebelumnya mengenai yang harus dipersiapkan dan salah satunya adalah software netinstall. jika sudah mempunyai maka kita akan menjalankannya dengan administrator dengan klik run a administrator. Selain itu kita juga harus menyiapkan file software mikrotiknya, maka buatlah satu folder yang hanya berisi satu software mikrotik itu saja. 


4. Maka seperti inilah tampilannya, maka yang pertama kali kita lakukan adalah klik net booting untuk mengaktifkan server bootnya.


5. Setelah itu beri tanda centang pada boot server enabled dan isikan ip addressnya dengan ip yang satu network dengan ip laptop / pc yang telah kita atur sebelumnya, jika sudah maka kli ok.


6. Selain itu yang harus kita siapkan adalah  file software mikrotiknya, maka buatlah satu folder yang hanya berisi satu software mikrotik itu saja. 


7. Tekan tombol reset dengan menggunakan benda yang seperti lidi, bisa pula menggunakan benda yang lain namun harus muat di bolongan reset dan pastinya tidak tajam. karena dikhwatirkan dapat merusak fisik si router. Colokan terus lidi ke tombol reset dan diikuti dengan mencolokkan kabel power ke router, agar router dapat melakukan booting. Jangan lepaskan colokkan ketombol reset sampai router terdeteksi oleh netinstall, jika sudah maka statusnya menjadi ready dan colokan ke tombol reset bisa di lepaskan.


8. Dan terlihat disini bahwa router sudah terdeteksi, selanjutnya kita akan memasukkan file NPK yang telah kita buat sebelumnya dalam satu folder dengan klik browse.


9. Kemudian arahkan ke folder yang berisi file npk, jika sudah maka klik ok.


10. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk beri tanda centang pada file tersebut dan klik install untuk memulai penginstallan.


11. Tunggu sampai proses penginstallan selesai.


12. Jika proses penginstallan selesai maka selanjutnya router akan melakukan reboot, dan status router nantinya akan berubah menjadi ok.  


13. Kemudian kita remote router menggunakan winbox, maka klik connect.


14. Selanjutnya kita akan melihat versionnya dengan klik menu system > klik resources. dan terlihat disini versionnya.


Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..