Kamis, 11 Mei 2017

Lab 8.17. Konfigurasi PHP pada Nginx




Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Jika sebelumnya kita pernah melakukan konfigurasi PHP di apache kali ini kita akan melakukan konfigurasi PHP lagi namun di nginx. php ini juga merupakan bahasa pemrograman yang dapat disisipkan di file html. adapun fungsi php ini dapat membuat web menjadi dinamis selain itu supaya web dapat membaca file yang berformat .php . lalu bagaimanakah caranya? mari kita coba sama-sama, Bismillah... dan dibawah ini merupakan topologi yang kita gunakan.



1. Yang pertama kali kita lakukan adalah kita menginstall seluruh packages php dengan menggunkaan epel repositori.


Pastikan penginstallan berjalan dengan baik dan complete.


2. Selanjutnya yang kita install adalah repositori reminya.


Pastikan penginstallan berjalan dengan baik dan complete.


3. Masih dalam tahap menginstall, kali ini kita akan menginstall Php Fpm (FastCGI Process Manager) menggunakan repositori remi yang kita install sebelumnya. 


Pastikan penginstallan berjalan dengan baik dan complete.


4. Selanjutnya kita akan menlakukan pengeditan pada file www.conf yang terdapat dalam direktori /etc/php-fpm.d/. 


5. Selanjutnya carilah script user dan group seperti gambar dibawah ini, yang awalnya apache menjadi nginx, setelah itu keluar dan jangan lupa save konfigurasi.


6. Langkah berikutnya adalah kita mulai php-fpm nya dengan menggunakan perintah systemctl start php-fpm, dan kita enable php-fpm supaya dapat berjalan dengan otomatis saat komputer di restart dengan menggunakan perintah systemctl enable php-fpm.


7. Selanjutnya kita akan mengedit mengedit file konfigurasi web server nginx, dimana kita akan melakukan konfigurasinya di file virtual host yang kita buat sebelumnya. 


8. Dan tambahkanlah script yang di blok berwarna hijau seperti gambar dibawah ini.

Keterangan :

  • fastcgi_proxying dalam nginx umumnya digunakan untuk menerjemahkan permintaan client untuk server aplikasi yang tidak harus menangani permintaan client secara langsung. fastcgi adalah protokol yang berbasis cgi, atau antarmuka gateway yang umum. protokol ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja dengan tidak menjalankan setiap permintaan sebagai proses terpisah. Ini digunakan untuk antarmuka yang efisien dengan server yang memproses permintaan untuk konten dinamis. Salah satu kegunaan utama dari fastcgi proxying dalam nginx adalah untuk pemprosesan PHP. 
  • fastcgi_pass merupakan petunjuk yang digunakan nginx untuk menentukan server sebenarnya agar proxy menggunakan protokol fastcgi. Alamatnya bisa ditentukan dengan nama domain atau IP Address dan port.
  • fastcgi_param digunakan untuk menetapkan parameter yang harus dilewatkan ke server FastCGI. Hal ini dapat berupa teks, variabel, dan kombinasi keduanya.
  • location merupkan lokasi dari file .php.
  • include fastcgi_params digunakan untuk meng-include file konfigurasi parameter fastcgi yang terletak di /etc/nginx/


9. Jika sudah maka kita akan merestart konfigurasi agar berjalan dengan baik dan benar.


10. Selanjutnya kita gunkan perintah echo. Karna locationnya tadi kita atur menjadi "~"  maka masukkan script php ke directory root/default nginx di /usr/share/nginx/html/. 


11. Terakhir kita akan melakukan verifikasi dengan membuka browser dan mengetikkan  (domain_kita)/(nama_file).php, dan beginilah tampilannya. 



Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf
Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

0 komentar:

Posting Komentar

sedikit informasi

klik tanda plus di pojok kanan atas untuk keperluan lainnya. Terimakasih..